Acer Nitro 5, Notebook Gaming yang Mudah Diupgrade

Acer, salah satu produsen notebook papan atas di Indonesia, kembali memperkenalkan model terbaru dari lini notebook Nitro 5 andalannya. Jika sebelumnya sudah pernah mengumumkan varian Nitro 5 dengan spesifikasi berbasis AMD Ryzen, kini Acer Nitro 5 yang bererdar di Indonesia justru yang diperkuat prosesor Intel.

Adalah Acer Nitro 5 AN515-51-58YX. Notebook gaming ini disebut-sebut merupakan notebook gaming yang paling mudah di-upgrade dengan adanya backdoor compartment alias pintu masuk menuju ruang motherboard dan komponen utama.


Tersedianya backdoor compartment pada Acer Nitro 5 model AN515-51-58YX membuat pengguna yang kurang puas dengan performa notebook gaming tersebut, bisa menggenjot kinerjanya dengan beberapa langkah upgrade pada sektor spesifikasi notebook. Misalnya menambah kapasitas RAM atau menukar harddisk dengan SSD yang jauh lebih gegas. Caranya, cukup dengan membuka 1 baut saja.


Meski menawarkan upgradability yang baik dan memudahkan, dari sisi spesifikasi sendiri Acer Nitro 5 ini juga sudah cukup mumpuni. Sebagai gambaran, Nitro 5 sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home dan prosesor Intel Core i5-7300HQ untuk memaksimalkan permainan dengan tetap menghemat daya.

Dari sisi grafis, Nvidia GeForce GTX 1050 dengan VRAM sebesar 4GB juga sudah tertanam dalam jantung Nitro 5. GPU ini diklaim dapat memberikan daya kerja lebih tinggi namun tetap menggunakan energi yang rendah sehingga daya tahan baterai dapat lebih optimal. Kabarnya, bisa mencapai 5,5 jam. Dari sisi penyimpanan, storage berupa harddisk berkapasitas 1 TB dan RAM 8GB juga dipasangkan di dalamnya.

Baca juga:

Seperti diketahui, notebook gaming dengan performa ciamik menuntut jeroan bekerja lebih keras dari biasanya. Imbasnya suhu internal notebook jadi meningkat. Tak jarang, suhu yang kelewat panas keluar dari dalam notebook dan mengganggu pengguna. Lebih fatal, suhu tinggi dalam body notebook yang tidak tersalurkan dengan baik bisa juga memperlambat usia pakai komponen di dalamnya.

Mengatasi masalah tersebut, Acer menghadirkan CoolBoost dengan dua kipas untuk memastikan temperatur laptop tetap stabil sehingga mesin dapat bekerja dengan efisien. Kecepatan kipas pun diklaim 19 persen lebih cepat dan akan mengurangi panasnya temperatur sistem internal hingga 11 persen.


Dari sisi layar, Nitro 5 memiliki ukuran 15.6 inci Full HD IPS dan kualitas suara yang didukung Dolby Audio Premium dan Acer TrueHarmony. Untuk koneksi, perangkat ini dipersenjatai dengan koneksi nirkabel lebih cepat dngan 2x2 802.11ac MU-MIMO. Acer Nitro 5 model AN515-51-58YX dengan prosesor Intel Core i5-7300HQ ini dijual dengan harga Rp 10,999 juta dan tersedia di jaringan penjualan Acer Indonesia.

Tidak ada komentar