Cara Mengatasi Masalah Charging Baterai Samsung Galaxy

Samsung merupakan produsen smartphone terbesar di dunia, dan juga di Indonesia. Amat sangat banyak sekali varian produk yang telah dirilis oleh raja produsen elektronik dan gadget asal Korea Selatan tersebut. Namun tentunya, sepandai-pandainya tupai melompat, sekali waktu jatuh juga.


Dari pengalaman menggunakan beberapa tipe smartphone Samsung Galaxy series, ada yang cukup menarik terjadi di Samsung Galaxy A7. Setelah beberapa waktu digunakan, smartphone ini mengalami gagal charging. Kali ini kita akan mengulas beberapa cara mengatasi masalah charging Samsung Galaxy, khususnya Galaxy A7 2017.

Baca juga:
Saat baterai sudah mulai menipis, kita tentunya harus segera isi ulang agar tetap dapat dihubungi ataupun komunikasi dapat terus terjalin via sosial media ataupun aplikasi instant messenger. Namun apa daya kalau baterai malah tidak mau charging?

Moisture detected in charging port. Ini pesan yang muncul saat kita menancapkan kabel USB Type-C ke port di smartphone untuk pengisian ulang. Kalau pesan error tersebut muncul, baterai tidak akan mengisi sama sekali. Bagaimana cara mengatasinya? Padahal smartphone tidak pernah tercebur air, terkena hujan atau basah. Ini dia:


- Cara pertama yang paling mudah adalah charge baterai saat kondisi turn off. Dengan cara ini, pesan error yang kemungkinan akan memicu software untuk memblokir arus listrik masuk ke baterai akan diterabas.

- Cara kedua, mungkin port tersebut benar-benar lembab dan harus dikeringkan. Caranya, gunakan tusuk gigi dan lapisi dengan kain tipis atau tisu. Gesekkan hati-hati ke port USB Type-C milik smartphone tersebut hingga kering dan bersih.

- Cara ketiga, ini yang terjadi pada penulis. Saat kondisi off, biarkan charger terus terhubung ke smartphone selama lebih dari 1 hari. Tentunya kalau smartphone sedang tidak gunakan.


Jangan khawatir. Smartphone modern biasanya punya fitur auto cut off untuk mematikan arus listrik saat baterai sudah penuh. Pada cara ketiga ini, setelah beberapa hari kemudian, penulis mencabut dan nyalakan smartphone seperti biasa.

Saat smartphone telah digunakan dan baterainya hampir habis, kini smartphone dapat diisi dengan normal, tanpa perlu dalam kondisi off, dan pesan error "Moisture detected in charging port" tidak pernah muncul kembali. Selamat mencoba!

22 komentar

Anonim mengatakan...

Bang ada no wa gk mau tanya2 nih. Hp saya samsung a8+ kasus nya sama kaya abang, selalu muncul notif kaya gitu. Pas di cas saat kondisi mati juga sama ada notif nya juga. Kira2 itu masalah di software nya atau hardware ya?

Tekno Review mengatakan...

Bisa jadi memang hardware, maksudnya port charger-nya memang lembab. Coba simpan hapenya di tempat beras gan, barang 2-3 jam supaya lembabnya kering.

Service Center iPhone mengatakan...


Distributor Kuota Lampung
PT Lampung Service
Service HP Bandar Lampung
Service iPhone Lampung
Service Acer Lampung
PT Lampung Service
Cv Lampung Service

Service Center iPhone mengatakan...


Distributor Kuota Lampung
PT Lampung Service
Service HP Bandar Lampung
Service iPhone Lampung
Service Acer Lampung
PT Lampung Service
Cv Lampung Service

Muhammad sofyan mengatakan...

Gan hp saya samsung A50.
Tidak bisa charger karena muncul trs port usb lembab.
Udh saya diemin sekitar beberapa jam.
Sekarang udh baik tp kadang muncul lg ky begitu gan sb lembab. Gimana solosi nuya agar normal tidak ada port usb lembab lg

Fachri jahri mengatakan...

Saya s8 plus. Ada warning "port basah, jangan dicharge". Saya pakai cara kedua. Meski tusuk gigi dan tisu tidak terlalu masuk karena nggak berani (takut rusak). Ternyata berhasil. Notifikasi warning tidak muncul lagi, dan bisa dicharge seperti biasa. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Sama saya jg

Hafiizh M ridwan mengatakan...

Nah kalo yang saya ngisi batre nya tapi . Tulisan itu muncul terus . Tapi power terisi

Unknown mengatakan...

Notif "Charging connected device via USB" padahal ga ada colok apa2
Samsung galaxy s8
Kemudian flash kamera tidak bisa aktif karena terbaca ada OTG trpasang..
Hardware atau software?

Unknown mengatakan...

Kenapa samsung A50 saya ga bisa terkoneksi dengan OTG

Unknown mengatakan...

Samsung a30 saya tidak bisa dicharging. Selalu muncul port USB lembab, silahkan tunggu hingga kering. Sudah sy keringkan tetapi tidak dapat mengisi dan selalu muncul peringatan. Mohon bantuannya Gan

Hhwhw mengatakan...

Gua kapok beli hp samsung. Kapok anjrr kapokkk

Unknown mengatakan...

Saya jg begitu,bagaimana cara mengatasinya?

Chacha mengatakan...

Saya juga... ternyata gagal produk sepertinya

Intan ayu permatasari mengatakan...

Kalau saya samsung a8 2018 baru kemarin ngalamin ngecharge 44menit cuma dapet 14% itu kenapa ya

Unknown mengatakan...

Hp ay jg gitu...

Unknown mengatakan...

Kenapa samsung a20 saya ketika mengecas hp off tidak seperti biasanya, munculnya warna putih bukan hijau kelap kelip lagi ya

Unknown mengatakan...

Samsung m20 saya juga kayak gitu, padahal Uda dibawak ke Samsung service centre tapi Masi muncul kelembaban port usb

Unknown mengatakan...

Udah dapat nggak mas solusinya bagi dong gimana caranya

Unknown mengatakan...

Sama😢

Kinoy mengatakan...

Bismillah..
Buka pngaturan
Plih aplikasi
Tkan ttik 3 dpjok knan atas
Plih 'tampilkan aplikasi sistem'
Lalu tkan usb settings
Plih penyimpan
Lalu hpus chace & memory

Unknown mengatakan...

Masih gan udah pake cara itu