Cara Cepat Memindahkan Foto Antar Handphone

Anda punya banyak foto dari kamera smartphone yang ingin Anda bagikan ke teman-teman? Sebenarnya ada banyak cara. Bisa via email, bisa di-upload ke Google Drive, bisa dikirim lewat aplikasi instant messenger atau bisa juga via Bluetooth.


Lewat email? Kalau koneksi Internet Anda dan rekan Anda kencang, gak masalah meskipun kita mengirimkan foto-foto dengan total ukuran sampai puluhan atau ratusan MB. Masalahnya, kalau kapasitas mailbox ataupun ukuran attachment dibatasi? Opsi ini menjadi tidak efektif.

Upload ke Google Drive bisa jadi pilihan. Khususnya kalau koneksi internet juga bukan masalah. Kalau tidak punya akun Google, silakan buat dulu. Mau buru-buru transfer tapi harus buat akun Google dulu? Malas kan?

Lewat instant messeger saja! Ya bisa sih. Tapi foto akan dikompresi dan kualisnya akan menurun dibanding aslinya.

Transfer Bluetooth saja! Opsi ini sangat menarik. Tetapi, Bluetooth ini tidak terlalu cepat. Smartphone dengan fitur Bluetooth 4.0 hanya mendukung kecepatan tranfer 25Mbps dengan jarak maksimal 60 meter. Bluetooth 5 punya kecepatan transfer 50Mbps dengan jarak hingga 240 meter.

Lalu, kalau semuanya serba salah? Pakai apa donk? Pakai aplikasi kecil yang sangat bermanfaat, yakni SHAREit. Aplikasi gratisan (ada iklan di dalamnya) ini dapat di-download dari Google Playstore. Setelah download dan install, kita tinggal kirim foto ke smartphone lain yang juga sudah memiliki SHAREit di dalamnya. Caranya:


- Jalankan SHAREit di handphone penerima dan klik Receive.
- Jalankan SHAREit di handphone pengirim dan klik Send.
- Pilih apa yang akan Anda share. Kalau foto, klik pada tab Photos.
- Tap pada file-file foto yang akan Anda kirimkan ke smartphone penerima lalu klik Send.
- Tunggu sebentar sampai smartphone saling terhubung. Kalau belum terhubung juga, coba Scan QR Code yang ada di smartphone penerima dengan smartphone pengirim untuk terhubung dengan klik Authorize Now.


Setelah kedua smartphone saling terkoneksi, SHAREit akan mengirimkan file yang diinginkan tanpa mengalami penurunan kualitas, tanpa perlu akses internet. Transfer pun sangat cepat. Sebagai contoh, 5 buah file dengan ukuran total 53MB bisa dikirim dalam 10 detik atau hingga kecepatan 42Mbps.

Tak hanya antar smartphone, SHAREit juga bisa digunakan untuk mentransfer file dari smartphone ke komputer dan sebaliknya. Menarik bukan?

Tidak ada komentar