Cara Mengatasi Masalah Charging Baterai Samsung Galaxy

Samsung merupakan produsen smartphone terbesar di dunia, dan juga di Indonesia. Amat sangat banyak sekali varian produk yang telah dirilis oleh raja produsen elektronik dan gadget asal Korea Selatan tersebut. Namun tentunya, sepandai-pandainya tupai melompat, sekali waktu jatuh juga.


Dari pengalaman menggunakan beberapa tipe smartphone Samsung Galaxy series, ada yang cukup menarik terjadi di Samsung Galaxy A7. Setelah beberapa waktu digunakan, smartphone ini mengalami gagal charging. Kali ini kita akan mengulas beberapa cara mengatasi masalah charging Samsung Galaxy, khususnya Galaxy A7 2017.

Baca juga:
Saat baterai sudah mulai menipis, kita tentunya harus segera isi ulang agar tetap dapat dihubungi ataupun komunikasi dapat terus terjalin via sosial media ataupun aplikasi instant messenger. Namun apa daya kalau baterai malah tidak mau charging?

Moisture detected in charging port. Ini pesan yang muncul saat kita menancapkan kabel USB Type-C ke port di smartphone untuk pengisian ulang. Kalau pesan error tersebut muncul, baterai tidak akan mengisi sama sekali. Bagaimana cara mengatasinya? Padahal smartphone tidak pernah tercebur air, terkena hujan atau basah. Ini dia:

- Cara pertama yang paling mudah adalah charge baterai saat kondisi turn off. Dengan cara ini, pesan error yang kemungkinan akan memicu software untuk memblokir arus listrik masuk ke baterai akan diterabas.

- Cara kedua, mungkin port tersebut benar-benar lembab dan harus dikeringkan. Caranya, gunakan tusuk gigi dan lapisi dengan kain tipis atau tisu. Gesekkan hati-hati ke port USB Type-C milik smartphone tersebut hingga kering dan bersih.

- Cara ketiga, ini yang terjadi pada penulis. Saat kondisi off, biarkan charger terus terhubung ke smartphone selama lebih dari 1 hari. Tentunya kalau smartphone sedang tidak gunakan.


Jangan khawatir. Smartphone modern biasanya punya fitur auto cut off untuk mematikan arus listrik saat baterai sudah penuh. Pada cara ketiga ini, setelah beberapa hari kemudian, penulis mencabut dan nyalakan smartphone seperti biasa.

Saat smartphone telah digunakan dan baterainya hampir habis, kini smartphone dapat diisi dengan normal, tanpa perlu dalam kondisi off, dan pesan error "Moisture detected in charging port" tidak pernah muncul kembali. Selamat mencoba!

1 komentar

Anonim mengatakan...

Bang ada no wa gk mau tanya2 nih. Hp saya samsung a8+ kasus nya sama kaya abang, selalu muncul notif kaya gitu. Pas di cas saat kondisi mati juga sama ada notif nya juga. Kira2 itu masalah di software nya atau hardware ya?