Cara Pindahkan data iOS ke Android. Pakai "Switch to Android" Saja!

Beralih dari satu OS ke OS lain merupakan langkah yang cukup signifikan. Pengalihan OS ini umumnya memaksa pengguna untuk memindahkan data, membiasakan diri lagi dengan pengalaman saat menggunakan perangkat dan mungkin ketersediaan aplikasi pada masing-masing OS yang berbeda.

Untuk mengatasi kecanggungan tersebut, khususnya bagi mereka yang sebelumnya pengguna iOS yang beralih ke Android, Google akan merilis aplikasi Switch to Android.


Dengan aplikasi ini, nantinya pengguna akan semakin dimudahkan untuk memindahkan data dari iOS ke Android. Dan yang menarik, semua bisa dilakukan secara gratis.


Jika ingin menggunakan aplikasi tersebut, pengguna hanya memerlukan akun Google dan koneksi internet aktif. Alasannya adalah karena transfer data antar sistem operasi terjadi melalui jaringan penyimpanan Google Drive.


Untuk transfer data, pengguna dapat menghubungkan kedua ponsel dengan OS yang berbeda secara nirkabel ataupun dengan bantuan USB. Data yang diambil sendiri berupa kontak, pesan, foto dan aplikasi yang sebelumnya terpasang diperangkat iOS.

Aplikasi 'Switch to Android" Google juga memungkinkan pemindahan foto dari iCloud ke Foto Google. Tampaknya ini dilakukan Google dalam upayanya untuk memenangkan pangsa pasar tambahan. 

Seperti diketahui, Google Photo dikenal dengan opsi penyimpanan yang solid. Dan ini akan sangat bermanfaat terlebih jika Anda akan menggunakan Android.


Baca juga:


Sayangnya, transfer data dari aplikasi iOS ke versi Android masih bermasalah dan memerlukan validasi dari developer. 

Selain itu, aplikasi ini juga baru hadir di App Store sebagai aplikasi tidak terdaftar dan hanya bisa diakses melalui tautan langsung saja. Aplikasi ini juga nampaknya masih dalam pengembangan dan belum bisa mentransfer data secara optimal.


Kedepannya, pengguna berharap ada versi kabel dari proses transfer ini, terlebih jika pengguna memiliki perangkat dengan kapasitas memori 512GB yang memiliki banyak data.

Meski demikian, aplikasi baru ini sedikit lebih mudah digunakan daripada metode sebelumnya yang didasarkan pada metodologi "Cadangkan ke Google Drive". Mudah-mudahan, Aplikasi ini akan terus berkembang karena apa pun yang memungkinkan pengguna untuk beralih platform bermanfaat.

Tertarik untuk menjajal cara pindahkan data dari iOS ke Android, berikut tautan langsung Aplikasi  'Switch to Android'. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar