3 Kombinasi Ini Kurangi Resiko Kanker Sampai 61%

Hampir segala hal yang digunakan manusia dewasa ini menggunakan bahan-bahan buatan yang tidak ramah untuk tubuh manusia. Mulai dari sabun pencuci piring, gelas plastik, pestisida, bahan makanan sehari-hari yang konsumsi dan lainnya dapat menyebabkan seseorang terkena kanker. 

Saking banyaknya barang yang menyebabkan kanker saat ini, ada istilah "Life Gives You Cancer". Ternyata untuk menghindari kanker, caranya cukup mudah untuk dilakukan


Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Aging menemukan bahwa kombinasi vitamin D dosis tinggi, Omega-3, dan berolahraga dapat mengurangi resiko kanker sebesar 61% pada orang dewasa sehat.



Ini adalah studi pertama yang menguji manfaat gabungan dari tiga intervensi kesehatan masyarakat yang terjangkau untuk pencegahan kanker invasif. Mengikuti penelitian di masa depan, hasilnya dapat berdampak pada masa depan pencegahan kanker pada orang dewasa yang lebih tua.


Saat ini penelitian memperlihatkan efek ketiga jenis kombinasi tersebut terhadap lansia berusia kurang dari 70 tahun.

Kanker dianggap sebagai penyakit terkait usia utama di Eropa dan Amerika Serikat. Penyakit ini merupakan penyebab kedua teratas kematian pada orang dewasa yang lebih tua.  

Terlepas dari rekomendasi pencegahan seperti tidak merokok dan perlindungan terhadap sinar matahari, upaya kesehatan masyarakat yang berfokus pada pencegahan kanker terbatas, menurut Dr. Heike Bischoff-Ferrari dari University Hospital Zurich: "Upaya pencegahan pada orang dewasa paruh baya dan lanjut usia saat ini sebagian besar terbatas pada upaya skrining dan vaksinasi."

Vitamin D, Omega-3, dan Olahraga
Studi mekanistik menunjukkan bahwa vitamin D menghambat pertumbuhan sel kanker. Demikian pula, omega-3 dapat menghambat transformasi sel normal menjadi sel kanker, dan olahraga telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.


Baca juga:


Untuk melakukannya, para peneliti melakukan uji coba DO-HEALTH: uji coba tiga tahun di lima negara Eropa (Swiss, Prancis, Jerman, Austria, dan Portugal) dengan 2.157 peserta.

"Dalam DO-HEALTH, tujuan kami adalah untuk menguji intervensi gabungan yang menjanjikan untuk pencegahan kanker dengan memanfaatkan manfaat aditif yang berpotensi kecil dari beberapa strategi kesehatan masyarakat," jelas Bischoff-Ferrari. "Faktanya, pengobatan kanker baru bertujuan untuk memblokir berbagai jalur perkembangan kanker dengan menggabungkan beberapa agen. Kami menerjemahkan konsep ini ke dalam pencegahan kanker."

Para peserta diacak menjadi delapan kelompok yang berbeda untuk menguji individu dan manfaat gabungan dari intervensi: kelompok satu menerima 2.000 IU per hari Vitamin D3 (setara dengan > 200% jumlah rekomendasi saat ini untuk orang dewasa yang lebih tua, yaitu 800 IU per hari), 1g per hari omega-3, dan tiga kali per minggu SHEP; kelompok dua vitamin D3 dan omega-3; kelompok tiga vitamin D3 dan SHEP; kelompok empat omega-3 dan SHEP; kelompok lima vitamin D3 saja; kelompokkan enam omega-3 saja; kelompok tujuh SHEP saja; dan kelompok terakhir menerima plasebo.

Peserta menerima panggilan telepon pemeriksaan setiap tiga bulan dan memiliki pemeriksaan kesehatan dan fungsi standar di pusat percobaan pada awal, tahun 1, tahun 2, dan tahun 3.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga perawatan (vitamin D3, omega-3, dan SHEP) memiliki manfaat kumulatif pada risiko kanker invasif.


Masing-masing perawatan memiliki manfaat individu yang kecil tetapi ketika ketiga perawatan digabungkan, manfaatnya menjadi signifikan secara statistik, dan para peneliti melihat penurunan risiko kanker secara keseluruhan sebesar 61%.

Hasil ini dapat berdampak pada masa depan pencegahan kanker invasif pada lansia. Bischoff-Ferrari menyimpulkan: "Hasil kami, meskipun masih ada intervensi, mungkin terbukti bermanfaat untuk mengurangi terjadinya kanker."

Tidak ada komentar