Di Mana Cari dan Beli Crypto Paling Murah?

Anda baru masuk ke dunia blockchain dan cryptocurrency? Atau sedang mempertimbangkan untuk coba bertransaksi jual-beli di sana? Atau malah ingin investasi crypto untuk jangka panjang?

Salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang mungkin terbersit dalam benak adalah: beli koin atau token crypto coin yang murah di mana? Dan ini tentunya pertanyaan yang lazim. Bukan bagi para pengguna baru saja, tetapi juga mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia crypto.


Nah, untuk Anda penasaran, ingin membeli koin atau token crypto yang murah di mana? Kali ini kita akan bahas jawaban sederhananya.



Cara yang paling mudah untuk menjawab pertanyaan: Di Mana Cari dan Beli Crypto Paling Murah? Adalah dengan menginstalasikan satu aplikasi market watch yakni CoinGecko.


Buat yang belum pernah dengar, aplikasi yang satu ini serupa dengan Coinmarketcap dan sejenisnya, namun ia bisa lebih mendetail dan menjawab pertanyaan di atas tadi, yakni di mana cari dan beli crypto paling murah.

Tampilan antar muka aplikasi CoinGecko seperti di atas. Standar saja. Ia me-listing seluruh coin ataupun token terkemuka di dunia blockchain.

Secara default, daftar coin dan token tersebut disortir berdasarkan jumlah Market Cap atau kapitalisasi pasar crypto yang bersangkutan. Semakin tinggi kapitalisasi pasarnya, semakin banyak pula ia dipilih oleh para pemain crypto di seluruh dunia untuk disimpan, diinvestasikan ataupun di-trading-kan.

Anda yang baru saja terjun di dunia crypto dan ingin membeli, disarankan memilih salah satu dari coin atau token dengan Market Cap besar. Tidak perlu yang paling besar, tapi juga jangan yang sangat kecil peminatnya, demi menghindari risiko amblasnya dana Anda.

Nah, menjawab pertanyaan sesuai judul tadi, Di Mana Cari dan Beli Crypto Paling Murah? Anda tentukan dulu koin atau token yang ingin Anda beli. Sesuai saran kami di atas, belilah yang punya Market Cap memadai.

Sebagai contoh, kita pilih ADA (Cardano). Harganya relatif murah, masih USD 1,24 per koin namun punya Market Cap yang sangat besar, yakni 39,8 juta dollar AS. Nah, kalau Anda sudah memutuskan, misalnya akan membeli ADA atau Cardano, di mana tempat membeli yang murah? Ini dia.

Klik di icon ADA di CoinGecko, lalu Anda akan diantarkan ke halaman detail Cardano (ADA) seperti di bawah ini:

Di sini Anda akan disajikan informasi harga terakhir Cardano, statistik perubahan harganya dalam 24 jam terakhir. Nah, kalau Anda sudah yakin ingin membeli Cardano (ADA), untuk mencari informasi di mana beli harga coin yang paling murah, klik tab Exchanges di bagian atas.


Di halaman berikut, Anda akan disajikan data di mana Cardano (ADA) bisa Anda beli. Cari saja harganya yang paling murah di kolom Price. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan Exchanger (Exch) tempat menjual Cardano (ADA) yang paling murah.

Tapi jangan langsung beli. Perhatikan kolom Trust paling kanan. Kalau hijau, silakan beli dari sana. Kalau warnanya oranye, kami tidak merekomendasikan Anda membeli dari sana. Kalau merah, jangan beli dari sana.

Saat artikel ini dibuat, tempat membeli Cardano (ADA) termurah adalah di Tokpie. Mereka menjual Cardano (ADA) di harga 1.23 dolar AS per coin, sementara exchanger lain menawarkan di harga 1.24 sampai 1.25 dolar AS per coin.

Baca juga:


Lalu, apakah Anda langsung install Tokpie, top-up dana ke sana lalu beli Cardano (ADA) dari Tokpie? Silakan. Tapi yang perlu diperhatikan, 24H Volume transaksi ADA/USDT di Tokpie hanyalah sebanyak 215.942 dolar AS. Relatif sepi, tidak banyak yang bertransaksi di sini. Bandingkan dengan Binance, misalnya.

Tapi berhubung Tokpie, exchanger asal Hong Kong ini punya reputasi yang cukup oke, silakan saja beli di sana.


Akhir kata, rata-rata exchanger menawarkan harga koin atau token tersebut di kisaran yang serupa. Selisihnya paling hanya nol koma sekian. Artinya, kalau Anda hanya membeli dengan modal sedikit, selisihnya tidak akan signifikan. Kecuali kalau misalnya Anda membeli dengan modal ratusan atau ribuan dolar AS.

Yang perlu Anda perhatikan, sebaiknya belilah koin tersebut di exchanger yang terkemuka. Binance, Kucoin, Hotbit, Gate.io misalnya. Atau ingin lebih mudah, beli di exchanger lokal seperti Indodax, Tokocrypto, Pintu dan Nanovest misalnya, bisa juga.

Oke, selamat mencoba dan membeli koin pertama Anda!

Tidak ada komentar