Ini Dia! Fungsi Sensor yang Hadir di Smartphone

Ketika kita membaca atau menonton review smartphone, tidak jarang kita menjumpai reviewer tersebut membahas fitur sensor yang hadir di dalam spesifikasi smartphone yang bersangkutan. 

Sensor ini sendiri ada banyak. Biasanya mulai dari sensor untuk mendeteksi hal-hal sekitar kita, sampai ke sensor wajah, suara, sentuhan dan lainnya.


Sensor juga merupakan pelengkap dari sistem smartphone yang terdiri dari software dan hardware yang saling mendukung satu sama lain sehingga Anda dapat berkegiatan lebih banyak menggunakan smartphone tersebut.

Meski ada banyak, tetapi bagi sebagian orang, fungsi dari sensor-sensor yang hadir di smartphone ini belum cukup familiar.


Padahal, kehadiran sensor tersebut cukup penting dan dibutuhkan oleh banyak aplikasi dan juga game yang hadir di dalam smartphone. 

Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita ulas beberapa sensor yang biasanya ada pada smartphone beserta dengan fungsinya masing-masing.

Sensor Cahaya

Sensor ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Atau bahkan belum? Pernahkah Anda mengubah peraturan kecerahan layar secara otomatis? 

Nah, pengaturan ini bisa digunakan jika smartphone Anda memiliki sensor cahaya. Fungsi dari sensor cahaya ini adalah mengubah mode cahaya layar secara otomatis dengan menyesuaikannya dengan lingkungan tempat Anda berpijak. 

Misalnya pada cahaya yang minim, layar smartphone Anda akan secara otomatis meredup.

Sensor Suara

Sensor suara digunakan ketika kita menerima atau memanggil melalui panggilan telepon. Sesnor ini berfungsi menangkap suara dan membaca kadar suara area disekitar smartphone. Contoh penggunaannya, ketika suara disekitar kita bising maka smartphone yang sebelumnya sudah diatur secara otomatis akan memperkuat atau merendahkan speaker smarthphone secara otomatis.

Sensor Tekanan

Tidak semua smartphone memiliki fitur sensor tekanan, hanya beberapa di antaranya saja yang dilengkapi fitur ini. Sensor tekanan atau dapat juga disebut Pressure Sensor ini fungsinya untuk membaca perangkat yang berada dalam rendaman air atau tidak. 

Fitur ini biasanya hadir di smartphone yang memiliki spesifikasi anti air seperti IP68. Beberapa smartphone yang memiliki sensor ini adalah Samsung Galaxy S Series, Galaxy Note Series dan Galaxy A52S.

Sensor Sidik Jari

Sensor ini menjadi salah satu hal yang wajib di smartphone zaman now. Fungsi dari sensor ini adalah untuk membaca sidik jari penggunanya. 

Sidik jari ini digunakan untuk keperluan keamanan. Letak dari sesnsor sidik jari ini ada di belakang bodi smartphone, dipinggir, menyatu dengan layar utama dan pada tombol 'home'.

Sensor Pengenalan Wajah

Sensor yang digunakan untuk keamanan adalah sensor pengenalan wajah. Sensor ini hadir di banyak smartphone zaman sekarang. 

Fungsi dari sensor ini adalah untuk mengenali wajah penggunanya, biasanya saat membuka smartphone sebagai pengganti pembuka dengan sidikmjari atau kunci pola.

Sensor Termometer

Sama seperti termometer konvensional, sensor termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu. Bedanya, sensor termometer konvensional mengukur suhu tubuh penggunanya, sedangkan untuk sensor termometer di smartphone digunakan untuk mendeteksi panas karena penggunaan perangkat yang berlebihan. 

Jika suatu perangkat terlalu panas, maka sistem yang hadir dalam smartphone akan mati jika tidak cepat-cepat diistirahatkan. Selain suhu smartphone, ternyata sensor ini juga digunakan untuk mengukur suhu lingkungan disekitar smartphone.

Sensor Barometer

Ketika kamu menggunakan GPS pada smartphone yang Anda gunakan, keakuratan tempat pada peta yang dibaca ini ditentukan oleh barometer yang hadir dalam perangkat tersebut. 

Fungsi dari sensor Barometer ini adalah mengukur tekanan atmosfer dan menentukan ukuran tinggi perangkat di atas permukaan laut sehingga sposes navigasi dalam smartphone Anda lebih akurat.


Baca juga:


Sensor Akselerometer

Sensor satu ini penting bagi smartphone, fungsi dari sensor akselerometer mampu membaca dan mendeteksi gerakan pada smartphone. Sensor ini sangat penting untuk mengatur posisi tampilan layar horizontal dan juga vertikal. Ketika kamu bermain game yang mengharuskan pengguna untuk belok arah kiri dan kanan, sensor ini ikut andil didalamnya.

Sensor Gyroscope

Fungsi dari sensor gyroscope ini adalah untuk menentukan perubahan gerakan terutama jika smartphone bergerak secara memutar atau berotasi 360 derajat. 

Sensor ini bekerja dengan saling melengkapi dengan sensor Akselerometer. Ketika Akselerometer tidak akurat dalam membaca pergerakan yang dihasilkan, maka sensor Gyroscope ini akan membaca gerakan rotasinya.

Sensor Magnetometer

Seperti namanya, sensor ini bekerja seperti magnet, sungsinya untuk mengukur medan magnet serta untuk menunjukan arah kutub utara Bumi. Tentunya ini sangat berguna ketika Anda menggunakan navigasi pada smartphone Anda.

Sensor Proximity

Pernahkah kamu melihat kedipan cahaya LED pada smartphone Anda? Sensor Proximility bekerja dengan memantulkan cahaya ke objek paling dekat dengan pengguna.


Contoh penggunaan sensor ini adalah ketika menelepon dan telinga kita didekatkan dengan smartphone, sensor akan secara otomatis mematikan layar smartphone sehingga baterai yang digunakan dapat bertahan lebih lama tanpa perlu di charge ulang.

Nah, begitulah beberapa fungsi beserta penjelasan apa saja sensor yang hadir di smartphone Anda. Dengan berjalanannya waktu dan teknologi yang terus berkembang, tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan akan ada sensor-sensor lainnya yang akan lahir pada smartphone.

Tidak ada komentar