Cara Cek Garansi Laptop Lenovo

Anda penasaran laptop Anda resmi atau black market? Di pasaran, apalagi di e-commerce, banyak sekali laptop non resmi yang dijual di Indonesia.

Jangan salah. Tidak cuma dari satu dua brand, tetapi hampir semua brand laptop yang bermain di pasaran Indonesia, ada versi selundupannya.


Nah, kalau Anda ingin tahu laptop yang Anda beli itu versi resmi atau bukan, Anda bisa cek langsung di situs resmi produsennya. Bagaimana caranya?

Kita ambil contoh laptop Lenovo yang sempat kita beli beberapa waktu lalu. Berikut ini langkah-langkah Cara Cek Garansi Laptop Lenovo:


  • Dari Google, kita ketikkan saja “Cara Cek Garansi Lenovo”
  • Setelah itu, klik alamat yang muncul paling atas, yakni https://pcsupport.lenovo.com
  • Di kolom Pencarian garansi, masukkan Nomor Seri laptop yang Anda beli. Biasanya ada di boks luar laptop yang Anda beli.

Tapi kadang, label informasi yang ada di boks luar tersebut tidak lengkap atau malah sudah hilang. Kalau sudah gini, ada dua cara. 

Pertama, lihat label stiker yang ada di bawah laptop. Kalau label stikernya pun sudah tidak ada, gunakan cara kedua. Masuk ke BIOS dengan menekan Enter saat ia booting. Lalu di menu utama, Anda akan temukan informasi System-unit serial number. Catat SN tersebut.

Kembali ke website Lenovo, ketikkan SN tadi di kolom lalu klik Masukkan / Menyerahkan.

Nah, ternyata, laptop yang kita beli ini di luar masa garansi, sudah tidak ada durasi yang tersisa. Laptop yang kita beli ini tercatat garansinya mulai tanggal 24 Maret dan masa garansinya berakhir besoknya.

Disebutkan, ia dijual oleh produsennya tanpa garansi. Dan klaim untuk layanan purna jual akan ditolak oleh sang produsen.


Baca juga:


Kalau kita klik Upgrade Garansi, akan ditunjukkan informasi lebih lanjut, laptop tersebut semestinya Anda beli di negara mana.

Berikutnya, kalik lanjutkan, ternyata untuk laptop ini, kita diarahkan ke website Lenovo Amerika Serikat. Namun sayangnya, ternyata, di website Lenovo US pun, laptop ini tidak punya garansi.

Anda memang bisa membeli layanan optimalisasi ataupun privasi. Tapi ini bukan garansi untuk sparte part ataupun biaya perbaikan.


Jadi artinya, laptop black market seperti ini tidak mendapatkan garansi dari produsennya, hanya mendapatkan garansi dari toko ataupun importirnya saja. Artinya, dijaga jangan sampai rusak ya.


Tidak ada komentar