Reels vs Tiktok, Mana yang Lebih Baik?

Sadarkah Anda, banyak video viral yang ditonton oleh netizen adanya di platform Tiktok? Konten tersebut kemudian barulah menyebar ke platform lainnya termasuk Facebook dan Instagram.

Nah, seakan tidak ingin ketinggalan, kini Instagram hadir dengan fitur Reels atau video singkat yang siap membangun persaingan dengan pengguna TikTok.


Lantas, apa sih sebenarnya alasan Instagram membuat Reels? Jawabannya adalah untuk menghadirkan fitur video pendek yang dapat menggunakan foto, filter, dan efek berdurasi 15 detik. Lalu, bagus mana TikTok dengan Reels?

Hmm, sekilas, keduanya punya fungsi yang mirip ya? Namun beberapa faktor di bawah inilah yang paling membedakan antara Reels milik Instagram dan Tiktok:


1. Durasi 

Sebagai user, paham dong, kalau misalnya durasi Tiktok nggak sama dengan Reels? Yap, karena sementara ini Reels hanya bisa dipakai selama 15 detik saja. Berbeda dengan tiktok yang sudah bisa dipakai selama 3 menit. 

"Tapi kan Instagram bisa lebih lama, kak, ada IGTV? Bahkan posting juga kan bisa 1 menit lebih?"

Eits, di sini Reels hadir untuk menyaingi Tiktok loh. Jadi menurut kami, Reels bakal bicara lebih banyak di fitur video pendeknya daripada fitur lainnya.

2. Musik 

Tak bisa dipungkiri bahwa Tiktok memiliki musik yang tak terbatas. Sebagai contoh, kini muncul di Tiktok fenomena musik baru trend baru. Selain itu, musik yang disajikan juga banyak yang dihadirkan dalam bentuk remix.

Ini tentunya berbeda dengan Reels yang menggunakan musik original, dan bahkan menggunakan musik yang ada di Tiktok.

3. Video Edit

Banyaknya fitur editing video di Tiktok membuat Tiktok unggul dalam tampilan layar. Selain itu, ia juga sangat mudah digunakan. Apalagi di aplikasi Tiktok dapat memunculkan filter dan efek yang sedang trend.


Baca juga:


Di sini Reels tidak begitu bagus dalam hal editing karena masih menggunakan filter dan efek seperti pada Instastory. Dengan demikian, Tiktok masih unggul daripara Reels di area ini.

4. User Interface

User interface dari Tiktok, begitu kita masuk aplikasi, kita akan langsung masuk FYP. Berbeda dengan Instagram yang awalnya kita akan langsung masuk Explore dan harus pindah tengah untuk masuk Reels. 

Karena banyaknya fitur di Instagram, kebanyakan orang mungkin akan merasa terkecoh antara IGTV dan Reels.


5. Live

Sekarang live di Tiktok akan terasa seperti live di aplikasi lain, dimana pengguna bisa "menyawer" ke orang yang sedang live. 

Dengan melakukan top-up, kita bisa memberi saweran kita ke orang lain. Sementara Reels belum punya fitur ini. 

Instagram memang sudah punya fitur Live dari dulu, namun masih belum ada fitur donasi. Namun bedanya, di Instagram kita bisa live bareng-bareng dan ada fitur pertanyaan khusus sehingga kita merasa senang berbagi cerita di sana.

Nah, segitu saja bagian penting yang paling menunjukan perbedaan antara Reels dan Tiktok. Menurut Anda, mana yang lebih bagus guys?

Tidak ada komentar