Aplikasi Cek Saldo E-toll Terbaik di Android

Seiring perkembangan zaman, masyarakat kini semakin dimudahkan dengan adanya beragam layanan elektronik untuk kebutuhan sehari-hari. 

Ya, kita kini tidak perlu membawa banyak uang tunai yang sangat riskan dan memancing pencopet.


Kita kini cukup membawa kartu, maka layanan apapun dapat dinikmati dengan mudah. Salah satu di antaranya adalah layanan melintas di jalan tol dengan menggunakan kartu E-toll. 

E-toll merupakan sebuah kartu elektronik yang digunakan dalam rangka memudahkan para pengguna jalan tol untuk membayar biaya masuk. Jika sebelumnya pembayaran biaya masuk jalan tol dilakukan dengan uang tunai, maka dengan adanya e-toll ini, pengendara hanya perlu menempelkan kartu selama kurang lebih 3-4 detik.


Selain mempermudah pengendara, penggunaan kartu ini juga dimaksudkan untuk mengurangi biaya operasional pengelola jalan tol, serta pelanggaran atau moral hazard. Lalu, apa saja pilihan kartu e-toll dan tempat membelinya?

Jenis-jenis kartu e-toll dan tempat membeli
Pemberlakuan pembayaran dengan sistem elektronik menggunakan e-toll ini mulai dilakukan pada tahun 2017. Kartu elektronik ini tidak hanya dikeluarkan oleh pihak pengelola tol tetapi juga bank dan merchant lain.

Berikut ini adalah jenis-jenis elektronic money dan lembaga penerbitnya. Apa saja?

  • E-toll card BPJT, diterbitkan Badan Pengatur Jalan Tol
  • Mandiri E-money, diterbitkan bank Mandiri
  • BRI Brizzi, diterbitkan bank BRI
  • BNI TapCash, diterbitkan bank BNI
  • BTN Blink, diterbitkan bank BTN
  • BCA Flazz, diterbitkan bank BCA
  • Gaz Card, diterbitkan bank Mandiri yang bekerja sama dengan Pertamina
  • Indomaret Card, diterbitkan bank mandiri yang bekerja sama dengan Indomaret

Untuk membeli kartu-kartu ini, pengguna dapat melakukannya di beberapa tempat yakni bank penerbit elektronic money, minimarket, ataupun toko online seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada, dan sebagainya.

Baca Juga:




Penggunaan kartu e-toll dan mengecek saldo
Manfaat e-toll tidak hanya digunakan untuk membayar biaya masuk tol, namun juga dapat digunakan untuk membeli tiket Commuter Line, TransJakarta ataupun berbelanja pada berbagai merchant.
Batas maksimum untuk saldo yang tersimpan di e-toll card adalah Rp 2 juta sementara pengguna dengan identitas yang terdaftar batas maksimumnya adalah Rp10 juta.

Selain itu, untuk mengecek saldo yang tersisa di kartu juga tidak perlu repot-repot mencari ATM karena saat ini proses pengecekan dapat dilakukan dengan memanfaatkan ponsel. Memang, tidak semua ponsel dapat menggunakan aplikasi ini, hanya beberapa ponsel yang sudah dilengkapi dengan teknologi NFC atau Near Field Communication yang bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Tidak hanya mengecek saldo, sebagian aplikasi bahkan dapat digunakan untuk melakukan pengisian atau top up. Aplikasi tersebut di antaranya adalah:

Electronic Money Card Balance. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek saldo e-toll dari berbagai jenis, namun sayangnya belum dilengkapi dengan fitur untuk mengisi saldonya.

Mandiri E-Money Info. Dapat digunakan untuk mengecek saldo e-Toll card, e-Money, Gazcard dan Indomaret Card. Terdapat juga fitur untuk mengetahui cabang bank Mandiri, ATM, ataupun Minimarket yang dapat melakukan pengisian saldo.

BNI Tap Cash Go. Aplikasi ini hanya disediakan bagi pengguna e-money yang diterbitkan bank BNI, pengisian saldo juga dapat dilakukan via ATM, EDC, maupun SMS Banking.

BRI Mobile. Digunakan untuk mengecek saldo e-money Brizzi, layanan ini biasanya akan secara otomatis tersedia pada aplikasi BRI Mobile Banking. Selain itu top up dan aktivitas perbankan juga dapat dilakukan sehingga lebih efektif dan efisien.

BCA Mobile. Aplikasi ini digunakan untuk Flazz dan memiliki fitur yang sama dengan BRI Mobile.

Mandiri Online. Digunakan untuk mengecek saldo Mandiri E-money.

Tokopedia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek saldo e-money mandiri dan melakukan pengisian ulang.


Cards-Mobile Wallet. Aplikasi ini adalah buatan asing sehingga beberapa fitur mungkin tidak dapat digunakan, selain untuk mengecek saldo aplikasi ini juga memberi informasi terkait diskon belanja, makan, dan lain-lain.

Nah, aplikasi-aplikasi di atas dapat Anda gunakan cek saldo ataupun mengisi ulang. Sekarang, kartu e-money mana yang Anda miliki?

Tidak ada komentar