Aplikasi Video Call Gratis untuk Natal dan Tahun Baru

Natal sudah tiba dan malam tahun baru akan datang sebentar lagi. Menjelang tahun baru ini, orang-orang sudah dipenuhi dengan berbagai harapan agar tahun depan jauh lebih baik dibanding 2020.

Di sisi lain, banyak orang yang merayakan liburan akhir tahun 2020 ini di dalam rumah karena adanya pandemi yang tidak kunjung usai. Namun mereka mungkin ingin bertemu dan menyapa teman atau keluarga secara online untuk menyampaikan harapan terbaik. Dan untuk mengobrol jarak jauh, platform video konference dapat menjadi pilihan. 



Berikut ini adalah layanan platform yang menyediakan fitur panggilan video secara gratis. Dalam daftar ini, semua aplikasi panggilan video yang disebutkan memiliki fitur enkripsi end-to-end dan saat ini tidak memiliki batas waktu untuk melakukan panggilan. Apa saja?

WhatsApp
Aplikasi panggilan video pertama dalam daftar tidak lain dan tak bukan adalah WhatsApp. Anda mungkin sudah menebak WhatsApp karena aplikasi adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia.

Di WhatsApp, orang-orang juga menggunakannya tidak hanya untuk berolahpesan tetapi juga untuk panggilan suara biasa atau bisa juga panggilan video. 

Platform ini mendukung hingga delapan peserta untuk panggilan video grup. WhatApp adalah salah satu aplikasi terbaik untuk panggilan video. Pengguna hanya perlu membuka jendela obrolan grup atau individu lalu ketuk tombol panggil, yang terletak di bilah kanan atas.



Room Messenger
Jika Anda merasa WhatsApp hanya menawarkan dukungan untuk delapan peserta, maka Anda dapat mencoba Messenger Rooms milik Facebook. Layanan ini memungkinkan Anda menambahkan hingga 50 peserta dan Facebook menyediakan layanan ini secara cuma-cuma atau gratis. 

Kemampuan untuk menambahkan hingga 50 anggota sudah lebih dari cukup dan orang-orang dapat melakukan video call selama berjam-jam selama Natal dan malam tahun baru. Dan menariknya, tidak ada batasan untuk panggilan suara atau video. 

Adapun fitur-fiturnya adalah aplikasi panggilan video memungkinkan tuan rumah mengunci atau mengakhiri ruang serta menghapus peserta. Pengguna bahkan mendapatkan opsi untuk mengaktifkan opsi 'bagikan layar' untuk semua orang.

Para peserta bahkan tidak perlu memiliki akun Facebook untuk mengikuti rapat Room Messenger, dan hanya penyelenggara yang perlu masuk.

Google Duo
Meskipun Google Meet memiliki batas rapat 60 menit untuk setiap video call, pengguna dapat menggunakan aplikasi Google Duo sebagai penggantinya. 

Aplikasi Google Duo ini gratis dan tidak ada batasan untuk panggilan video atau suara. Google mengatakan bahwa pengguna dapat menghabiskan waktu sebanyak yang mereka inginkan, asalkan mereka memiliki cukup data atau akses Wi-Fi. 

Aplikasi panggilan video tersebut mendukung hingga 12 peserta di iOS dan Android. Layanan ini bahkan memungkinkan Anda mengirim pesan video dan suara yang dipersonalisasi ketika Anda tidak dapat menelepon.



Baca Juga:


Zoom
Dengan menggunakan aplikasi panggilan video ini, penyelenggara dapat menampung hingga 100 peserta video call. Zoom menawarkan layanan gratis kepada penggunanya, tetapi ada batas rapat 40 menit saja untuk setiap panggilan grup. 

Namun, karena musim Natal dan liburan tahun baru sudah dekat, Zoom secara global mencabut batas ini untuk akun gratis. Penawaran tersebut sudah berlaku untuk Natal dan akan berlanjut hingga 26 Desember pukul 16.30 waktu setempat. 

Untuk malam tahun baru 2021, Zoom akan kembali menaikkan batas  tepatnya pada 30 Desember pukul 20:30. Penawaran akan berakhir pada 2 Januari 2021, pukul 16.30. Jika peserta hanya terdiri dari 2 orang, batasan waktu ditiadakan.

Skype
Skype adalah salah satu aplikasi panggilan video tertua saat ini. Di masa lalu, layanan ini telah membantu banyak orang terhubung dengan mereka yang tinggal sangat jauh. 

Layanan Skype saat ini menawarkan dukungan hingga 50 orang peserta dan gratis. Seperti halnya dengan semua aplikasi video call lainnya, aplikasi ini juga tidak memiliki batas rapat. 



Anda juga mendapatkan fitur seperti kemampuan untuk merekam panggilan, mengaburkan latar belakang sebelum memasuki panggilan, dan opsi berbagi layar. Aplikasi ini tersedia untuk iOS, Android, Mac, dan Windows.

Gimana guys, mau bersilaturahmi atau nongkrong bareng bersama keluarga atau teman-teman di malam pergantian tahun via online? Pakai aplikasi apa?

Tidak ada komentar