Cara Mendapat Token Listrik Gratis Untuk Januari 2021

Kabar gembira bagi para pengguna PLN karena subsidi token listrik telah diperpanjang. Bukan hanya untuk bulan Januari ini namun sampai dengan bulan Maret 2021 mendatang. 

Sebagai gambaran, subsidi PLN telah diberikan pemerintah dan berjalan dari bulan Mei 2020. Tepatnya semenjak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.


Subsidi listrik tersebut sendiri awalnya hanya direncanakan untuk 6 bulan saja terhitung dari Mei 2020. Namun karena pandemi belum juga berakhir, untuk itu subsidi terus diperpanjang oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimistis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ungkap Bob Saril, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN yang dikutip dari laman Kompas.


Subsidi listrik ini diberikan kepada masyarakat dalam bentuk diskon dan subsidi penuh. Subsidi listrik dapat dinikmati pelanggan per 7 Januai 2021 dan akan tetap diberikan hingga Maret 2021. Subsidi ini diharapkan dapat terus membantu masyarakat pelanggan PLN dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Untuk diskon dan subsidi penuhnya sendiri masih sama dengan sistem sebelumnya yaitu untuk pasca bayar akan dimasukan kedalam tagihan dan yang menggunakan token atau prabayar menggunakan token.

Siapa saja yang dapat subsidi listrik PLN? 

  • Masyarakat dan pelanggan bisnis/industri yang menggunakan daya listrik 450 VA akan diberikan subsidi penuh atau diskon 100%.
  • Masyarakat dan pelanggan bisnis/industri yang menggunakan daya 900VA yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial.

Baca juga:


Untuk mendapatkan token listrik bagi para pelanggan prabayar, token listrik didapat melalui beberapa cara yaitu lewat situs web PLN, menghubungi pihak PLN menggunakan WhatsApp dan menggunakan Aplikasi PLN Mobile. Berikut ini caranya.


Cara mendapat token listrik gratis melalui situs web PLN:

  1. Masuk ke situs PLN di www.pln.co.id dan pilih stimulus Covid-19 atau lebih mudahnya masuk ke laman www.stimulus.pln.co.id
  2. Isikan ID pelanggan/nomer meter pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang berada di layar
  3. Token listrik gratis akan muncul pada kolom keterangan
  4. Token ini dapat digunakan dan angka token dimasukan ke kWh meteran milik pelanggan.

Cara mendapat token listrik gratis menggunakan WhatsApp:

  1. Save nomor PLN berikut, 0812 2123 123
  2. Chat WhatsApp pada nomor tersebut dan ikuti petunjuknya.
  3. Isi format yang diberikan seperti ID Pelanggan/nomor meter
  4. Token listrik gratis akan muncul pada kolom chat
  5. Token ini dapat digunakan dan angka dimasukan ke kWh meteran milik pelanggan

 Cara mendapat token listrik menggunakan Aplikasi PLN Mobile:

  1. Donwload dan Buka Aplikasi PLN Mobile di PlayStore dan AppStore
  2. Setelah terbuka, klik 'PLN Peduli Covid-19" di bagian Info dan promo
  3. Masukan ID pelanggan/Nomor Meter
  4. Token listrik gratis akan muncul
  5. Token ini dapat digunakan dan angka dimasukan ke kWh meteran milik pelanggan


Nah, demikian cara mendapat token listrik gratis untuk Januari 2021 dan seterusnya. Meskipun listrik gratis menarik, tapi tentunya akan lebih mendingan kalau Covid-19 benar-benar berakhir bukan guys?

Tidak ada komentar