Cara Ekstrak Foto dari Live Photo iPhone

Beberapa tahun lalu, Apple memperkenalkan fitur baru ke iOS yang disebut Live Photo. Pada dasarnya, fitur ini dapat merekam foto dengan suara. Kurang lebih semacam gambar berformat .GIF, namun bisa ditambahkan dengan suara. 

Penggunaannya juga cukup gampang yaitu cukup dengan mengaktifkan fitur ini pada kamera iOS. Setelah aktif, ketika memotret, tekan lama pada tombol dan jadilah foto live yang sebenarnya merupakan klip video yang sangat pendek. 



Fitur ini memang cukup canggih, namun salah satu kelemahannya adalah foto akan menghabiskan lebih banyak ruang di perangkat. Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat memori?

Seperti kita ketahui, setelah kita mengambil foto, belum tentu kita bisa mendapatkan momen yang sama berulang kembali. Lalu, apakah kita bisa menggunakan foto yang terlanjur diambil dengan fitur Live Photo?



Kamu sebenarnya dapat mengekstrak foto diam dari Live Photo yang sudah diambil dan  menyimpannya ke rol kamera. Setelah itu, file versi Live Photo yang lebih memakan memori tersebut bisa dihapus.

Baca Juga:

 
Nah bagaimana cara ekstrak gambar diam dari Live Photo iPhone?


  1. Buka Foto Live yang menjadi target
  2. Ketuk tombol Bagikan di sudut kiri bawah layar
  3. Gulir ke bawah dan ketuk Duplicate
  4. Lalu ketuk Duplicate as Still Photo

Yang dilakukan sebenernya adalah menyalin Live Photo ke gambar diam. Cara ini berguna jika kita mengambil banyak Live Photo dalam satu momen dan ingin menghemat memori namun tidak kehilangan kenangan dalam salah satu jepretan atau sekadar ingin mengekstrak foto diam dari Live Photo.

Kamu juga dapat memastikan bahwa foto berikutnya yang diambil bukanlah Live Photo. Kalau ini yang ingin Anda lakukan, begini caranya:



  1. Luncurkan aplikasi Kamera
  2. Ketuk ikon melingkar yang terletak di sudut kanan atas layar
  3. Jika berwarna jingga, artinya Live Photo aktif, jika berwarna putih berarti Live Photos dimatikan

Semoga bermanfaat ya guys!

Tidak ada komentar