Google Resmi Luncurkan Pixel 5 dan Pixel 4a 5G

Setelah didahului oleh beragam rumor, Google akhirnya resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya. Kedua smartphone tersebut adalah model 5G pertama buatan perusahaan, yaitu Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. 
 
Kedua smartphone tersebut dirilis melalui sebuah acara virtual bertajuk 'Launch Night In' via YouTube, 1 Oktober 2020 dinihari waktu Indonesia. 


 
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, smartphone baru buatan Google tersebut diposisikan di pasar mid range dengan harga yang lebih terjangkau. Berbeda dibanding deretan produk terdahulu yang diposisikan di smartphone seri flagship.

Google meluncurkan Pixel 5 sendiri hadir dalam dua warna, yaitu hitam dan hijau. Lebar layar OLED smartphone itu mencapai enam inci. Ia sudah menggunakan sistem operasi Android 11 dan dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon yang performanya cukup lumayan.

Untuk mendukung performa chipset, ia hadir dengan kapasitas memori RAM mencapai 8GB, dan daya penyimpanan mencapai 128GB.



Meski demikian, alih-alih chipset kelas atas seperti Snapdragon 865/865 Plus, Google "hanya" mengandalkan System-on-Chip (SoC) kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 765G sebagai "otak" dari smartphone terbarunya itu.

Untuk bagian depan Pixel 5, smartphone ini memiliki layar bermateri OLED dengan diagonal 6 inci dan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90Hz. 



Baca juga:


Bezel tebal di bagian atas, yang bisa dibilang menjadi ikon dari seri "flagship" Pixel, kini dihilangkan dan dibuat menjadi setipis mungkin. Sedangkan Pixel 4a 5G memiliki layar lebih luas dengan diagonal 6,2 inci (awalnya 5,8 inci), dengan resolusi Full HD Plus.

Dalam hal fotografi, Google menyematkan dua kamera dengan konfigurasi lensa wide 12.2MP dan sensor ultrawide 16MP. Sebagai gambaran, seri Pixel 4a 5G hanya punya kamera resolusi 8MP.

Sementara untuk kamera selfie-nya, perusahaan menyertakan lensa 8MP dengan tambahan fitur Night Sight di Portrait Mode.

Untuk memasok daya, Pixel 5 dibekali dengan baterai sebesar 4.080mAh (fast charging 18 watt). Adapun untuk Pixel 4a 5G dibekali baterai dengan kapasitas 3.885mAh. Google juga mengungkap adanya fitur Extreme Battery Saver yang diklaim akan menambah daya pakai baterai ponsel hingga 48 jam.



Dikabarkan, Google akan menjual Pixel 5 ini diharga USD 699 atau sekitar Rp10 jutaan. Sedangkan untuk seri Pixel 4a 5G akan dijual seharga USD 499 atau Rp 7,6 jutaan. Ponsel baru ini sudah bisa di pre-order sekarang, dan baru akan meluncur resmi pada 15 Oktober 2020.

Pilih yang mana guys?

Tidak ada komentar