Mengenal Fitur NFC pada Smartphone

Teknologi smartphone terus berkembang dengan beragam inovasi terbaru. Selain lebih canggih, teknologi-teknologi tersebut dihadirkan demi untuk memudahkan aktivitas penggunanya sehari-hari. 

Salah satunya teknologi yang cukup banyak tersedia saat ini adalah NFC. Meski tidak sedikit smartphone sudah memilikinya, tetap tidak semua orang tahu apa itu NFC dan fungsi yang ditawarkannya.




NFC biasanya ditanamkan pada beberapa jenis atau merk smartphone. Fitur ini bisa membuat smartphone memiliki beberapa keunggulan dalam mengakses perangkat lain seperti halnya Bluetooth. Akan tetapi, NFC jauh lebih baik dari pada Bluetooth. 

Fitur NFC atau yang merupakan kependekan dari Near Field Communication merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan dalam hal komunikasi nirkabel. Penggunaannya ini mungkin sedang tren dan banyak dikenal oleh Anda yang seringkali mengaku sebagai generasi era milenial. 




NFC ini pada dasarnya seperti halnya alat atau sarana atau protokol yang dapat mempermudah dua alat elektronik menjadi tersambung satu sama lain.

Sebagai informasi, NFC ditemukan dan dipatenkan oleh seorang bernama Charles Walton pada tahun 1983. Pada dasarnya, fitur NFC sendiri merupakan pengembangan lebih lanjut dari RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih dulu ditemukan. 

Saat ini, terdapat dua jenis perangkat NFC yang bisa Anda temukan, yakni NFC tag pasif dan NFC tag yang terdapat pada smartphone. 

Saat Anda melakukan kontak seperti transfer data, kedua perangkat akan terkoneksi melalui frekuensi radio ISM 13.56 MHz yang memiliki maksimum rate transfer 424 Kbps. Tentunya, hal ini akan memudahkan semua proses pertukaran data, mulai dari berbagi file bahkan melakukan pembayaran di berbagai tempat.




Baca juga:


Fungsi utama dari NFC adalah untuk melakukan transfer atau memindahkan data dari sebuah perangkat ke perangkat yang lain dalam waktu singkat tanpa perlu menggunakan kabel atau semacamnya. 

Selain itu, masih ada beberapa fungsi lain dari NFC yang belum diketahui banyak orang diantaranya yaitu mengecek dan mengisi saldo e-money, melakukan pembayaran, pengganti karcis transportasi, kunci keamanan, dan mengakses informasi produk.

Melalui perjalanan panjang terciptanya NFC, fitur satu ini sudah melewati berbagai uji keamanan sehingga sangat aman untuk dipakai. Bahkan, fitur NFC juga mendapatkan sertifikasi khusus saat melakukan download data melalui TSM (Trusted Service Manager) sehingga melindungi semua data yang dimiliki oleh konsumen.




Nah, sekarang, setelah kita mengetahui banyak manfaat yang ditawarkan oleh NFC, tentunya akan sayang sekali kalau tidak kita gunakan. Atau Anda berencana membeli smartphone baru? Cari yang ada NFC-nya ya guys!

Tidak ada komentar