Ketahui Apa itu Podcast dan Cara Membuat Podcast

Ketahui Apa itu Podcast dan Cara Membuat Podcast - Apa itu Podcast? Podcast di mancanegara, seperti Amerika, UK, dan Australia sudah sangat familiar. Ia berasal dari kata iPod + Broadcasting. Meski rekaman audio merupakan hal yang sudah ada dari jaman dahulu, namun dari mulai cara untuk mendapatkan audio podcast, berlangganan, download dan mendengarkannya merupakan konsep yang diciptakan oleh Apple.

Namun kini, Podcast sudah dapat diakses dan digunakan di smartphone apapun, hampir di semua OS sudah ada aplikasi untuk mendengarkan Podcast. Podcast menjadi cara terbaik untuk mengembangkan koneksi dengan pengikut atau pelanggan.



Setelah mengetahui apa itu Podcast, salah satu alasan mengapa Podcast cukup diminati karena dapat didengarkan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Podcasting akan membantu dalam membangun menaikkan sebuah konten, mengarahkan lalu lintas ke website, berbagi informasi, atau hanya sekedar berisi curahan hati.

Apa itu Podcast?

Saat mendengar sebuah Podcast, mungkin akan terpikirkan jika ini mirip dengan siaran radio. Podcast merupakan sebuah rekaman diskusi audio tentang topik tertentu yang dapat didengarkan. Podcast adalah berkas digital yang berupa audio. Pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu agar dapat mendengarkan audionya. 

Podcast ini bersifat dapat diputar ulang karena memang sudah diunduh diawal. Hal ini menjadi kelebihan Podcast dibandingkan radio. Segi kesamaannya, Podcast juga berupa audio yang dapat didengarkan seperti mendengarkan radio. Memiliki banyak pilihan topik juga yang dapat didengarkan.



Membuat Podcast tentu jauh lebih mudah dan tentu tidak membutuhkan investasi besar seperti membuat stasiun siaran. Hal tersebut juga yang menjadikan industri di bidang ini lebih berkembang cepat. Sehingga semua orang dari kalangan manapun dapat membuatnya. Apalagi biasanya, Podcast jarang diselingi iklan, tentu lebih menarik.

Baca juga:

 

Cara Membuat Podcast
Setelah mengetahui apa itu Podcast, tentu penasaran bagaimana cara membuatnya. Biasanya Podcast dibagi beberapa episode dengan judul-judul tertentu sesuai topik yang dibahas. Durasinya biasanya sekitar 10 menit sampai 90 menit, ini juga tergantung oleh si pembuat Podcast.



Berikut langkah dasar yang dapat dilakukan untuk membuat Podcast sendiri. 5 langkah ini dapat dilakukan dengan mudah dan menggunakan peralatan seadanya.

1. Siapkan Tempat
Tentunya lebih nyaman jika ada tempat khusus untuk merekam audio agar mendukung. Mungkin dapat saja dibuat kedap suara agar saat melakukan rekaman tidak ada suara lain yang mengganggu.

2. Siapkan Peralatan untuk Podcast
Peralatan utama yang dibutuhkan tentunya Microphone untuk merekam suara. Audio recording dan Software editing yang mendukung. Dapat juga disesuaikan dengan budget dan kebutuhan untuk menghasilkan kualitas Podcast yang diinginkan.

3. Tentukan Niche Podcast
Tidak kalah penting adalah menentukan niche atau tema yang akan diangkat dalam sebuah Podcast. Setidaknya, sudah menguasai seputar apa yang akan dibahas. Sehingga akan menghasilkan isi Podcast yang lebih menarik dan berkualitas tentunya.

4. Mulai Rekaman Podcast
Jika semua sudah siap, segera mulai lakukan rekaman Podcast sesuai dengan niche dan jadwal yang ditentukan. Pastikan hasil rekamannya sudah baik, tidak banyak gangguan suara. Mungkin dapat menggunakan beberapa aplikasi atau software yang mendukung rekaman seperti Audacity.



5. Edit Hasil Podcast
Melakukan editing hasil rekaman bertujuan untuk mempertahankan volume yang dihasilkan konsisten. Dapat juga dengan menambahkan intro dan outro, memperbaiki kesalahan dan tidak lupa menghilangkan celah udara kosong yang sekiranya akan mengganggu pendengaran. Dapat menggunakan software seperti Audicity, Adobe Audition atau GarageBand.

Pastikan semua kebutuhan dan peralatan Podcast sudah disiapkan sebelum memulai rekaman. Tetap santai selama proses perekaman, agar terdengar lebih alami dan mengalir. Itulah beberapa informasi mengenai apa itu Podcast dan bagaimana cara membuatnya. Yuk mulai buat Podcast sendiri.

Tidak ada komentar