Cara Cek Kecepatan Internet Operator atau ISP

Cara Cek Kecepatan Internet Operator atau ISP - Bagaimana cara mengukur kecepatan internet operator atau ISP kita? Seperti yang kita tahu, di era digital saat ini, internet memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

Di sisi lain, Internet sendiri memiliki kecepatan koneksi yang mana akan mempengaruhi proses pencarian data. Semakin besar kecepatan yang disediakan, tentu saja akan semakin efektif fungsi dari akses internet tersebut.



Perlu diketahui, kecepatan internet operator atau biasa dikenal dengan istilah ISP pun banyak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Dan salah satu ciri internet operator mengalami masalah adalah koneksi yang lamban dari biasanya, atau malah tidak bisa memberikan akses. 



Lalu, bagaimana cara untuk memastikan atau mengetahui kecepatan internet operator tersebut sedang ada masalah atau tidak seperti biasanya? Berikut cara melakukan tes kecepatan internet secara online saat terjadi masalah atau gangguan.

Cek Kecepatan Internet Operator Secara Online

Speedtest.net
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kecepatan internet yaitu mengeceknya menggunakan website speedtest.net. Untuk bisa mengakses website tersebut Anda perlu memastikan sinyal dalam kondisi stabil. Cara pengecekannya sangatlah mudah yaitu dengan mengunjungi website speedtest.net dan pilih menu ‘GO’ yang tersedia pada halaman utama.

 
Selanjutnya, Speedtest.net akan melakukan perhitungan kecepatan internet secara realtime, jadi tunggu hingga hasil perhitungannya selesai. Saat melakukan pengecekan dengan menggunakan website ini pastikan untuk tidak membuka media atau situs lainnya agar hasil pengukurannya lebih akurat.

Indihome Speedtest
Selanjutnya cara mudah untuk mengecek kecepatan internet operator yaitu menggunakan layanan dari Indihome. Hampir sama dengan cara yang sebelumnya, Indihome juga memberikan perhitungan kecepatan internet dengan cukup akurat. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengunjungi website Indihome Speedtest dan akan muncul tulisan ‘GO” besar.
 
Setelah itu, klik tulisan ‘GO’ tersebut untuk mulai melakukan pengecekan kecepatan internet Anda. Tunggu beberapa menit hingga muncul hasil kecepatan internet operator dan pastikan untuk tidak membuka browser lainnya agar hasil yang ditampilkan benar-benar akurat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Fast Come
Sedikit berbeda dengan pilihan website sebelumnya, dengan menggunakan Fast Come Anda tidak perlu mengklik apapun untuk mengetahui kecepatan internet operator Anda. Jadi, Anda hanya perlu mengunjungi situsnya dan secara otomatis Fast Com akan langsung melakukan pengecekan internet yang Anda miliki. 



Baca juga:


Saat melakukan pengecekan koneksi internet, Anda hanya perlu menunggu tanpa harus mengklik menu apapun. Jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang cukup mengklik menu ‘Refresh’ yang tersedia pada bagian kanan. Kekurangan dari Fast Com yaitu hanya menampilkan hasil kecepatan saja jadi tidak ada PING dan juga kecepatan upload.

Bandwidth Place
Satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kecepatan internet operator yaitu menggunakan Bandwidth Place. Situs pengecekan kecepatan koneksi internet ini terbilang cukup mudah sehingga tidak jika banyak orang yang menggunakannya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pengecekan lewat Bandwidth Place yaitu mengunjungi situsnya.

Setelah masuk, Anda akan melihat tulisan ‘Start’ maka bisa mengkliknya untuk mulai pengecekan. Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga hasil perhitungannya selesai dan menunjukkan besarnya kecepatan download/upload dan ping pada internet. Sama halnya dengan situs pengecekan kecepatan koneksi internet lainnya, jangan membuka browser apapun saat melakukan pengecekan agar hasilnya lebih akurat.

Nah, itulah beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan kecepatan internet operator Anda dengan mudah. Semua cara yang telah dibahas di atas sangatlah mudah dan simpel. Rata-rata untuk mengetahui hasilnya, Anda hanya perlu melakukan satu klik saja.



Setelah mendapatkan hasil kecepatan yang diukur oleh situs-situs pengecekan akses internet tersebut, Anda dapat memastikan apakah kecepatan akses yang ditawarkan oleh operator internet Anda sesuai dengan janji yang diberikan atau tidak.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar