Kelebihan Utama Apple iMac Versi Baru. Pakai SSD!

Apple merilis iMac baru minggu ini, namun sepertinya hanya merupakan sedikit upgrade dari model iMac lama. Namun seperti biasa, tentunya ada sejumlah penyempurnaan, termasuk tampilan yang lebih baik, prosesor yang lebih cepat, speaker yang lebih baik, dan beberapa aspek lain.

Pembaruan pada iMac yang paling ‘the best’ ternyata tidak terlalu dielu-elukan oleh Apple. Bukan prosesor yang lebih cepat, meskipun Apple mengklaim "kinerja CPU hingga 65 persen" lebih pesat. Selain itu, Apple juga bukan membanggakan kapasitas memori yang ditingkatkan. Dengan RAM internal hingga 128GB atau juga bukan chip grafis yang sanggup melakukan hal-hal yang jarang Anda lakukan jika pernah memiliki iMac.


Bukan juga kamera baru, yang sekarang memiliki resolusi 1080p, lebih tinggi dari resolusi 720p yang ada pada semua Mac sebelumnya. Padahal, kamera ini menawarkan beberapa perangkat lunak pintar untuk melacak wajah Anda dan memastikan tingkat pencahayaan dan eksposur tetap optimal di mana pun Anda bergerak. Lalu, apa yang dibangga-banggakan Apple dalam "upgrade" iMac kali ini?


Tak lain dan tak bukan adalah, kini Apple memasang SSD!

Ya, Apple sekarang menyediakan solid state drive sebagai default di semua iMac. Mungkin ini terdengar seperti fitur produk baru yang paling membosankan. Tetapi storage merupakan komponen yang jauh lebih penting daripada yang dibayangkan kebanyakan orang. Pasalnya, fitur ini menentukan kecepatan mesin Anda secara signifikan.

Salah satunya adalah waktu boot-up.

Sebagai contoh, salah seorang pengguna iMac melakukan upgrade iMac 2013 dengan model 2019 pada bulan Januari lalu, dan kemudian mendapati bahwa model baru tersebut ternyata tidak jauh lebih cepat daripada model lama, meski ada jarak enam hingga tujuh tahun di antara keduanya.


Kurangnya peningkatan kecepatan sebagian besar disebabkan oleh kurangnya hard drive SSD dan ketergantungan pada hard disk drive tradisional. Drive SSD sendiir sebenarnya telah tersedia sebelumnya di beberapa model iMac, termasuk yang dipaketkan dengan drive disk berkapasitas lebih besar yang disebut oleh Apple sebagai Fusion Drive.

Sayangnya, SSD tidak digunakan pada mesin tingkat pemula atau kelas menengah.

Baca juga:



Seperti diketahui, drive SSD lebih cepat hingga 20x lebih tinggi dalam beberapa operasi dan membuat perbedaan besar untuk pekerjaan apapun yang ingin Anda selesaikan yang memerlukan akses ke penyimpanan data. Dan Apple sekarang telah memperbaiki masalah itu.

“IMac 27 inci kini hadir standar dengan SSD di seluruh lini, menghadirkan kinerja sangat cepat hingga 3,4GB/detik untuk meluncurkan aplikasi dan membuka file besar," sebut Apple dalam siaran pers yang dirilis.

Untuk pengguna yang membutuhkan penyimpanan dalam jumlah besar, sebut Apple, iMac juga menghadirkan opsi SSD 8TB untuk pertama kalinya. Kapasitas ini empat kali kapasitas SSD dari iMac 27 inci generasi sebelumnya.

Fitur-fitur baru lainnya pun cukup menarik tetapi unik. Dengan tambahan 500 dolar AS, pengguna ditawari “Nano Tekstur Glass” yang dapat mengurangi silau layar. Sayangnya, dalam sebuah pengujian yang dilakukan oleh reviewer, ternyata fitur ini mengorbankan beberapa ketajaman warna pada perangkat.


Selain itu, Ada pula fitur "Studio-quality Microphone Array" yang menurut Apple dapat menangkap audio berkualitas tinggi untuk panggilan FaceTime dan rekaman podcast.

Salah satu yang tidak diubah Apple adalah tampilannya. iMac masih memiliki dagu yang gemuk dan tampilan yang sama persis dengan mesin dari tujuh tahun lalu. Jadi jika Anda telah membeli iMac sebelumnya, mungkin perangat ini tidak terasa begitu baru karena tampilannya yang sama.

Tidak ada komentar