Logitech G915 TKL, Gaming Keyboard Ringkas dan Terjangkau

Logitech merupakan perusahaan produsen perlengkapan komputer pribadi dan tablet global yang berkantor pusat di Lausanne, Swiss. Di Indonesia, brand yang satu ini terkenal sebagai penghasil aksesoris-aksesoris untuk PC dan laptop. Paling terkenal adalah mouse dan keyboardnya.

Tak hanya untuk pengguna umum, perusahaan ini juga memiliki produk yang dikhususkan untuk para gamer. Dan salah satu produk yang muncul baru-baru ini adalah keyboard Logitech G915 yang dirilis tahun lalu dan merupakan sebuah keyboard mekanik yang bisa dibilang cukup unik.


Mengapa demikian? Alasannya adalah karena semua tutsnya jauh lebih tipis dari keyboard gaming pada umumnya, memiliki ketabalan perangkat secara keseluruhan hanya berkisar 22 mm saja dan tidak lagi memiliki numpad. Bukan cuma itu, dibanding produk yang dirilis sebelumnya, Logitech G915 TKL dijual dengan harga yang lebih murah. Seperti apa?


Keyboard yang satu ini dilengkapi dengan konektivitas wireless. Ia merupakan solusi portable yang sangat menarik bagi penggemar keyboard mekanik.


Tetapi yang patut disayangkan, ketiadaan deretan numpad di sebelah kanan mungkin membuat beberapa pengguna, yang bisa jadi di antaranya adalah para gamer jadi enggan membelinya. Namun tidak adanya numpad secara langsung juga berpengaruh pada portabilitasnya.

Tebal dan lebar sasis aluminiumnya sama persis seperti G915 versi standar, akan tetapi panjangnya menyusut drastis menjadi 36,8 cm sehingga jauh lebih mudah dimasukkan ke dalam tas. Satu hal yang perlu dicatat, selain kehilangan numpad, G915 TKL juga tidak memiliki 5 tombol makro di bagian kiri seperti versi standarnya.


Baca juga:

Meski begitu, ada beberapa fitur yang dipangkas dengan tujuan untuk mengurangi nilai jualnya dan menjadi lebih terjangkau. Selain tidak memiliki numpad atau G-keys di sisi sebelah kiri, Logitech G915 TKL dirancang sebagai keyboard wireless dengan daya tahan baterai yang bisa diandalkan.


Pihak Logitech mengklaim, jika lampu RGB menyala 100 persen, baterainya bisa bertahan hingga 40 jam. Namun jika RGB dimatikan, keyboard ini dapat dipakai hingga 135 hari. Luar biasa bukan?

Di Amerika Serikat, Logitech G915 TKL saat ini telah dipasarkan seharga $230 atau setara dengan Rp3.380.000-an. Harga tersebut 20 dolar AS lebih murah daripada versi standarnya, dan 30 dolar AS lebih mahal ketimbang G815. Sebagai gambaran, Logitech G815 sendiri pada dasarnya merupakan G915 standar versi non-wireless.

Tidak ada komentar