Nikon Z5, Kamera Mirrorless Full-frame Entry-level

Tahun lalu Nikon merilis kamera mirrorless full-frame pertamanyanya yaitu Nikon Z7 dan Z6. Yang menarik, sekarang seri dari Nikon Z mengalami penurunan harga dengan diumumkannya kamera keluaran terbaru yaitu Nikon Z5.

Berbeda dengan Z50, yang menggunakan Z mount yang sama tetapi memiliki sensor APS-C yang lebih kecil, Z5 menggunakan sensor full-frame 24 megapiksel.


Dibandingkan dengan Z6 yang sebelumnya telah dirilis, pada Z5 terdeapat beberapa fitur yang dihilangkan. Meski demikian, Nikon Z5 masih menjadi kamera yang sangat mumpuni. Kamera ini tidak memiliki layar status dan menggunakan lebih banyak plastik pada body kameranya.


Selain itu, sensor kamera juga tidak diterangi bagian belakangnya yang membuat kamera ini menjadi tidak ideal untuk pembuatan video 4K karena pemangkasan 1.7x. Tetapi elemen seperti viewfinder OLED yang memiliki 3,69 juta dot, layar sentuh 3,2 inci, prosesor Expeed 6, dan stabilisasi gambar dalam body, hadir melengkapi kamera ini.


Nikon Z5 bahkan memperbaiki salah satu aspek kelemahan terbesar Z6 dan Z7, yang memiliki slot kartu tunggal dengan menggunakan format XQD yang tidak biasa untuk kamera.

Seperti diketahui, pada Z6 dan Z7, pembeli harus membeli kartu baru untuk mengubah slot kartu ini dan cendurung harganya mahal. Slot tunggal merupakan dealbreaker bagi banyak fotografer yang membutuhkan kemampuan untuk penyimpanan cadangan di lapangan.

Nah untuk Nikon Z5, kini Nikon telah menempatkan dua slot dan mendukung kartu SD UHS-II.


Baca Juga

Nikon juga mengumumkan lensa baru untuk seri Z dan merupakan lensa Z-mount full-frame terkecil hingga saat ini. Lensa baru itu memiliki zoom 24-50mm f/4-6.3 yang panjangnya kurang dari tiga inci ketika tidak diperpanjang. Ini menjadikannya sebuah paket yang ringkas dan serbaguna, apalagi dengan badan seri Z yang cukup kecil.


Nikon mengatakan, Z5 akan hadir dan tersedia pada bulan Agustus 2020 dibandrol dengan harga $1.399,95 yang membuatnya lebih murah $600 dibandingkan dengan seri Nikon Z6. Terdapat pula paket dengan lensa tambahan 24-50mm f/4-6.3 terbaru seharga $1,699.95 dan $2.199,95 untuk paket dengan lensa f/4-6.3 24-200mm.

Untuk kemudahan, Nikon  juga berencana untuk merilis utilitas Windows 10 bulan depan yang akan memungkinkan banyak DSLR dan kamera seri-Z, termasuk Nikon Z5 yang nantinya dapat difungsikan sebagai webcam. Menarik bukan?

Tidak ada komentar