Kamera Premium Leica M10-R Punya Sensor 40 Megapiksel

Leica yang merupakan produsen kamera terkemuka asal Jerman baru-baru ini telah mengumumkan varian terbaru dari lini kamera M10 rangefinder miliknya. Model terbaru tersebut diberi nama Leica M10-R.

Secara penampilan, M10-R mirip dengan model M10 dan M10-P yang sebelumnya telah dirilis. Desain dan rincian keseluruhan ketiga produk ini relatif sama.


Karena masih merupakan seri M10, kamera M10-R memiliki body yang sama, layar sentuh yang sama, dan antarmuka yang sama. Tak hanya itu, baterainya juga sama, prosesor yang sama, dan rana yang sama seperti M10-P. Lalu, apa yang baru?


Yang membedakan varian ini dengan lainnya adalah di bawah hood kamera terdapat sensor CMOS 40,89 Megapiksel baru. Mirip dengan sensor hitam putih 40 Megapiksel yang ditemukan pada kamera M10 Monochrom.


Chip baru pada kamera anyar Leica tersebut memiliki perbedaan signifikan dalam resolusi dibandingkan dengan sensor 24 Megapiksel pada dua kamera sebelumnya yaitu M10 dan M10-P.

Sensor barunya memiliki rentang ISO 100 hingga 50.000, yang merupakan rentang yang cukup luas untuk sebuah kamera. Leica juga mengklaim kamera ini memiliki rentang dinamis satu hingga dua stop yang lebih baik daripada sensor 24-megapiksel.

Sama seperti model M10 lainnya, seri R tidak memiliki fungsi perekaman video apa pun. Meski demikian, ia pun memiliki built-in Wi-Fi dan bekerja dengan aplikasi smartphone FOTOS Leica yang tentunya tersedia untuk penggua Android dan iPhone.


Baca juga:

Menurut yang berpengalaman mencoba kamera ini, kamera Leica M10-R tidak memiliki kenyamanan modern seperti autofocus dan opsi eksposur otomatis lanjutan. Para pengguna harus mengatur sendiri focus dan eksposurnya.

Setelah pengguna terbiasa dengan gaya pemotretan dan pemfokusan rangefinder, M10-R dikatakan dapat menghasilkan foto-foto yang indah dengan tampilan yang spesifik.

Terlepas dari resolusi gambar M10-R yang jauh lebih tinggi, kamera beroperasi sama cepatnya dengan model M10 lainnya. Kamera tidak lantas melambat ketika meninjau atau memperbesar foto pada layar LCD.


Leica M10-R sendiri dijadwalkan akan tersedia pada bulan Juli 2020 dengan variasi warna hitam dan perak seharga $8.295 atau sekitar Rp124 jutaan. Terbilang cukup mahal untuk ukuran kamera, namun kamera ini diklaim akan tahan sampai 20 tahun mendatang.

Sebagai gambaran, fotografer-fotografer saat ini bahkan masih dapat menggunakan lensa Leica buatan tahun 1950an jika penggunanya mampu merawat dan menyimpan lensa tersebut dengan baik. Wow!

Tidak ada komentar