Lenovo Flex 5G, Laptop 5G Pertama Di Dunia

Lenovo secara resmi memulai kompetisi di laptop 5G dengan Flex 5G, yang akan dirilis pada 18 Juni seharga $ 1.399,99. Sebagai gambaran, saat diluncurkan nantinya, laptop ini merupakan laptop 5G pertama di dunia.

Sebelumnya laptop Lenovo Flex 5G telah diumumkan di acara CES 2020 dengan nama "Yoga 5G," yang kemungkinan namanya masih akan digunakan di beberapa pasar.


Untuk dapur pacunya, Flex 5G ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 8cx yang menjadikannya salah satu laptop pertama yang tersedia dengan chipset laptop terbaru Qualcomm. Lenovo mengatakan bahwa 8cx akan menghasilkan peningkatan daya tahan baterai yang besar, dan penggunaannya dapat mencapai 24 jam dari satu kali pengisian daya.

Layarnya memiliki ukutan 14 inci resolusi Full HD 1920x1080 dengan layar IPS  serta mendukung multitouch. Ia punya RAM 8GB, penyimpanan 256GB, dua port USB-C, jack headphone, pembaca sidik jari dan Windows 10 Pro.


Laptop ini memiliki modem Qualcomm X55 5G  yang mendukung 5G seperti pada Samsung Galaxy S20 atau Motorola Edge Plus yang memberi support tidak hanya LTE tetapi juga jaringan 5GHz dan sub-6GHz.

Saat ini Lenovo Flex 5G hanya dijual di Verizon sebuah perusahaan telekomunikasi mobile di Amerika Serikat, karena masih mengandalkan mmWave untuk layanan 5Gnya. Hal ini kemungkinan akan membatasi kegunaan 5G pada perangkat, mengingat peluncuran yang sangat terbatas untuk jaringan Verizon dan kemampuan buruk dari mmWave untuk melewati dinding dan masuk ke gedung.

Penggunaan laptop ini masih sangat terbatas untuk layanan 5Gnya, dan mungkin hanya bisa  digunakan secara eksklusif di luar ruangan seperti di taman dan sudut jalan yang berada dalam jangkauan Verizon.




Agar sesuai dengan Flex 5G, Verizon juga meluncurkan "5G Ultra Wideband Connected Device Plan" baru, yang akan menelan biaya $30 perbulan bila ditambahkan ke paket unlimited yang ada di Verizon atau $90 perbulan jika tidak menggunakan paket. Biaya bulanan itu memberi penggunanya data tanpa batas, penggunaan hotspot, dan streaming video 4K lebih dari jaringan 5G. 



Saat ini Lenovo bermitra dengan EE di Inggris, Sunrise di Swiss, dan CMCC di Cina untuk peluncuran tambahan akhir tahun 2020. 

Lenovo Flex 5G tersedia untuk preorder hanya di wilayah Amerika Serikat saja yang dapat dipesan dari Verizon dengan harga $1.399,99. Sebagai bonus, pembelian Flex 5G baru juga akan mencakup satu tahun layanan Microsoft 365 secara gratis. Menarik sekali.

Tidak ada komentar