Apa Itu Google Nest Mini?

Nest Mini (generasi ke-2) besutan Google sedang marak di Indonesia. Perangkat ini merupakan smart speaker Google pertama yang resmi di tanah air dan sekaligus menjadi Nest Mini pertama di Asia Tenggara dengan berbahasa Indonesia.

Ada dua varian warna menarik yang dapat dipilih, seperti Chalk dan Charcoal. Secara desain, Nest Mini mirip speaker bluetooth konvensional, hanya saja speaker ini lebih "pintar" lantaran dibekali dengan fitur Google Assistant.


Dengan adanya asisten digital tersebut, perangkat bisa menerima perintah pengguna ketika mereka ingin mengontrol perangkat pintar yang ada di sekeliling rumahnya. Contohnya seperti TV, bluetooth speaker, smart bulb, hingga beragam perabot pintar yang terhubung dengan aplikasi Google Home.


Yang menarik, agar performa suara pengguna dapat ditangkap dengan jelas, speaker ini dibekali dengan tiga mikrofon. Suara yang dihasilkan pun dilengkapi dengan fitur bass yang diklaim dua kali lebih mumpuni dibanding Nest Mini generasi pertama.

Dan karena bentuknya yang ringkas, Google mengklaim Nest Mini bisa diletakkan dengan mudah dimana saja berbagai tempat yang kita inginkan,

Dari segi konsep suara, speaker ini bisa mengenal suara pengguna ketika pengguna berbicara. Dengan fitur Voice Match, ia memungkinkan sang speaker pintar mengenali suara pengguna hingga maksimal lima orang. Speakernya sendiri berdiameter 40mm dan menghasilkan suara 360 derajat (surround).


Baca Juga:

Hal ini memungkinkan seluruh perintah yang dilontarkan bisa dicocokkan dengan respon Nest Mini. Misalnya, jika Anda seorang pria dan memerintahkan Nest Mini untuk merayu Anda, maka speaker tersebut bakal membalasnya dengan nada rayuan yang relevan.

Google Nest Mini, bisa juga memerintahnya untuk memainkan video favorit, baik dari YouTube, Netflix, Chromecast, Android TV, atau TV yang dibekali dengan Chromecast.


Untuk aspek konektivitas, Nest Mini mendukung fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac serta Bluetooth versi 5.0. Pengaturan Nest Mini untuk pertama kali sendiri membutuhkan aplikasi Google Home versi 2.14.50.11 (Android) atau 2.14.510 (iOS), akun Google, serta jaringan Wi-Fi.

Informasi terakhir, speaker ini memiliki kisaran harga Rp925 ribu dan ada potongan khusus harga peluncuran Rp800 ribu. Konsumen juga bisa memanfaatkan potongan harga hingga Rp200 ribu, jika membayar dengan OVO serta garansi garansi resmi 1 tahun.

Tidak ada komentar