Spesifikasi dan Skor Benchmark AnTuTu Asus Zenfone 6 Bocor

Asus merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup unik. Kadang mereka mengumumkan produk terbarunya di awal tahun, kadang di pertengahan tahun, kadang belum ada kabar apa-apa sampai jelang akhir tahun. Saat kita mengira mereka akan merilis seri Zenfone 6 terbarunya di ajang MWC 2019 seperti seri Zenfone 5 yang diumumkan di kisaran MWC 2018, ternyata tidak.

Produsen asal Taiwan tersebut akhirnya memutuskan untuk meluncurkan smartphone generasi terbarunya di 16 Mei 2019. Masih di Spanyol, tetapi tidak di Barcelona. Melainkan di Valencia. Namun demikian, sulit untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait smartphone tersebut sampa beberapa hari lalu, muncul bocoran spesifikasi dan skor benchmark Antutu Zenfone 6 di GSMArena.


Tak hanya AnTuTu, skor benchmark Geekbench pun terungkap. Artinya, ini bukan hanya rumor belaka. Spesifikasi dan performa Asus Zenfone 6 kemungkinan memang akan seperti itu saat diumumkan dan diluncurkan nantinya. Seperti apa?


Terdeteksi sebagai ASUS_I01WD, Zenfone 6 tercatat meraih skor yang sangat baik yakni 363172 poin. Dari angka yang dihasilkan dan bocoran screenshot tersebut, bisa dipastikan bahwa prosesor yang digunakan pada smartphone ini adalah Qualcomm Snapdragon 855. Namun demikian, angka ini tampak sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Xiaomi Mi 9 yang berhasil meraih angka 372072 poin.


Tak hanya prosesornya saja yang terungkap. Diketahui bahwa smartphone tersebut akan menggunakan RAM sebesar 6GB dan storage sebesar 128GB serta menjalankan sistem operasi Android 9 Pie.

Baca juga:

Dari sisi layar, meski belum dapat diketahu berapa ukurannya, tetapi screenshot benchmark menunjukkan bahwa Asus Zenfone 6 menggunakan resolusi FullHD+ 2.340 x 1.080 pixel. Kemungkinan besar, seluruh bagian depan layar smartphone akan dipenuhi layar, tanpa ada notch ataupun lubang untuk penempatan kamera depan. Menarik untuk diketahui apakah ia akan menggunakan metode pop up untuk kamera selfie tersebut.


Menarik pula untuk disimak apakah ia akan tersedia dalam varian prosesor lebih rendah. Jika melihat versi pendahulu, yang tersedia dalam varian Zenfone 5 dan Zenfone 5z, kemungkinan Asus akan menghadirkan varian lain dari Zenfone 6. Dan yang ditunggu-tunggu oleh pengguna tentu adalah harganya.

Seperti diketahui, Asus Zenfone 5z sang flagship mereka tahun lalu dipasarkan di harga nyaris separuh harga smartphone flagship kompetitor dengan spesifikasi serupa. Kalau Zenfone 6 juga dijual di harga yang terjangkau, tentu akan sanggup bersaing dengan Mi 9 yang entah akan masuk ke Indonesia secara resmi atau tidak.

Tidak ada komentar