Kenapa Tidak Boleh menggunakan Handphone saat berkendara

Kecelakaan adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua orang, baik itu karena sengaja ataupun karena kelengahan kita. Tercatat, ada 70 ribu kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan gadget di Amerika Serkat. Ini merupakan data yang dikumpulkan oleh American Automobil Association (AAA). Banyaknya kecelakaan tersebut juga menjadi perhatian akan dampak penggunaan gadget saat berkendara.

Selain itu, kecelakaan juga merupakan hal yang tak diduga dan akibat dari kesalahan kecil yang dibuat, karena hakikatnya manusia itu dapat khilaf. Salah satu hal yang menyebabkan demikian adalah karena bermain gadget saat berkendara. Seperti diketahui, penggunaan gadget sekarang ini sangat mempengaruhi semua aspek bahkan saat berkendara.


Pemakaian gadget tidak pada tempatnya, seperti saat berkendara, merupakan salah satu kesalahan besar. Pasalnya, berkendara mengharuskan kita untuk fokus mengemudikan kendaraan dan memperhatikan jalan dan sekitarnya secara keseluruhan.


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penggunaan gadget menjadi sangat tidak baik saat berkendara. Penjelasan berikut dibawah adalah alasan kenapa penggunaan gadget saat berkendara sangat dilarang.

Kurangnya Fokus Saat Berkendara 
Bermain gadget saat berkendara merupakan suatu hal yang tidak dianjurkan karena kita bisa kehilangan fokus terutama terganggunya konsentrasi saat berkendara. Karena saat kita memakai gadget, kita akan meningkatkan terjadinya kecelakaan hingga 4 kali lipat jika dibandingkan saat kita tidak memainkan gadget saat berkendara.

Baca juga:


Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain
Selain karena kesalahan kita, orang lain juga akan merasa dirugikan karena bisa jadi dia berada di dekat kita. Meskipun demikian, jika kita punya penumpang saat kita sedang berkendara, hal yang terbaik yang bisa dilakukan adalah  meminta bantuannya jika ada telepon masuk dan mendesak untuk dijawab.


Mengganggu Pengendara Lain
Selain merugikan orang lain, menggunakan gadget saat berkendara bisa memaksa kita berjalan lebih lambat atau berjalan zig-zag karena kurang konsentrasi saat berkendara. Ini bisa menyebabkan kita tidak bisa menggerakan mobil/motor dengan baik.

Ancaman Pidana
Selain bermain gadget bisa menyebabkan kecelakaan, hal lain yang bisa Anda rasakan adalah mendapat ancaman hukuman dari pasal 283 UU berupa denda maksimal Rp750.000 dan kurungan 3 bulan. Anda juga akan melanggar pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib menggendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi.

Masih mau berkendara sambil melihat-lihat gadget?

Tidak ada komentar