Apakah Aplikasi Bajakan atau Crack Berbahaya?

Banyak di antara kita yang membiasakan diri untuk mencari aplikasi yang gratis dan kadang bajakan, tanpa perlu ada biaya untuk membeli yang asli atau original. Selain itu, adanya website penyedia layanan aplikasi bajakan membuat orang memikirkan solusi alternatif supaya bisa menggunakan aplikasi dengan kelebihan yang luar biasa. Didapat dengan gratis.

Lalu bagaimana dengan aplikasi bajakan? Aplikasi bajakan adalah aplikasi yang sudah dimodifikasi untuk mendapatkan fitur-fitur yang biasanya hanya didapat ketika Anda membeli aplikasi versi asli. Tentunya dibutuhkan adanya aplikasi lain yang membuat aplikasi bajakan bekerja sebagai support atau melemahkan keamanan aplikasi.




Berikut ini beberapa bahaya yang bisa Anda hadapi jika menggunakan aplikasi bajakan:

A. Ancaman Hacker
Ancaman paling utama adalah ketika Anda menggunakan aplikasi bajakan adalah, laptop Anda dapat dengan mudahnya disusupi oleh hacker jaringan lokal ataupun internasional. Selain itu ada kalanya data yang kita punya dapat dicuri dengan mudahnya menggunakan software bajakan yang kita punya.

B. Ancaman Malware
Apakah anda sering melihat aplikasi yang tidak Anda install tapi hadir di layar utama dekstop? Itu merupakan suatu malware yang bisa mengendalikan seluruh proses yang ada pada komputer Anda. Biasanya Anda akan mendapatkan suatu gangguan iklan yang sangat banyak, menyebarkan virus yang berbahaya ke perangkat kita misalnya trojan, worm, ataupun virus yang susah sekali untuk dihilangkan.

Kerugian lain yang bisa anda rasakan adalah para peretas membajak akun-akun penting yang kita punya di perangkat kita.

Baca juga:

C. Terjerat Hukum
Penyalahgunaan aplikasi bajakan sekarang sudah diatur dalam UU ITE yang mengatur tentang  perlindungan informasi dan transaksi elektronik. Selain itu juga UU ITE melampirkan tentang pelarangan penyalahgunaan konten berbasis aplikasi.

Solusi dari permasalahan yang bisa ditimbulkan oleh aplikasi bajakan dan kemungkinan hacker yang menyusup kedalam perangkat kita entah itu laptop atau smartphone adalah tentunya dengan tidak menginstalasikan aplikasi seperti itu.

Ada kalanya kita senantiasa harus menjaga agar data yang kita punya tetap rahasia dan privat. Oleh karena itu, kita harus membeli suatu program atau aplikasi di toko resmi dan terverifikasi agar menghindari dampak yang akan ditimbulkan setelahnya.

Tidak ada komentar