MWC 2018: Smartphone Android Go Murah, Harga 1,6 Juta

Di ajang Google I/O 2017 lalu, Google mengumumkan kehadiran sistem operasi Android Go. Sistem operasi ini ditujukan untuk dipasang pada smartphone-smartphone seri low end yang punya hardware terbatas.

Sebagai informasi, sistem operasi ini dirancang untuk ponsel dengan RAM antara 512MB sampai 1GB. Android Go berbeda dengan Android One, meski keduanya didesain untuk perangkat kelas bawah.


Android One adalah sebuah sistem di mana Google bekerja sama langsung dengan vendor pembuat ponsel untuk memilih fitur mana yang akan tersedia, juga untuk terus menyediakan pembaruan OS (mirip Nexus).


Namun Android Go adalah Android versi penuh yang tersedia melalui Android Open Source Project, dan bisa digunakan oleh semua vendor ponsel, tanpa berhubungan langsung dengan Google untuk mengembangkan sistem operasi tersebut.

Baca juga:
Setahun setelah diluncurkan, akhirnya smartphone pertama yang memanfaatkan sistem operasi ringan tersebut dirilis ke publik. Adapun produsen yang menghadirkan secara perdana OS Android Go ke pasaran adalah Alcatel dengan produk Alcatel 1X.

Diperkenalkan pertamakali pada event Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol, Alcatel 1X menggunakan prosesor quad core MediaTek dengan RAM 1GB dan penyimpanan internal 16GB.


Layarnya sendiri memiliki ukuran 5,3 inci dengan resolusi 960x480 pixels. Yang menarik, meskipun spek bawah, tetapi layar Alcatel 1X memiliki rasio kekinian yakni 18:9. Meski tidak ada sensor sidik jari yang disematkan, tapi ponsel ini punya fitur pengenal wajah.

Harganya sendiri dibanderol 100 euro atau sekitar Rp1,6 juta. Rencananya ponsel ini akan dirilis bulan April secara global. Menarik apakah produk ini juga akan hadir di Indonesia.

Tidak ada komentar