Cara Cek Nomor KK di Dukcapil untuk Registrasi Prabayar

Anda kesal tidak bisa registrasi ulang kartu prabayar Anda padahal nomor KTP dan KK sudah sesuai dengan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk serta Kartu Keluarga yang Anda pegang di depan mata?

Jangan khawatir. Anda tidak sendirian. Kami mengalami hal yang sama. Dari dua nomor yang kami punya, Telkomsel dan XL, keduanya tidak bisa registrasi ulang dengan alasan nomor KK salah.


Lalu, bagaimana cara cek nomor KK di Dukcapil agar registrasi prabayar kita bisa dituntaskan? Begini yang saya lakukan:

- Kirim email ke callcenter.dukcapil@gmail.com
- Tulis nama, nomor KTP, alamat (sesuai KTP), nomor hp, nomor KK saat ini
- Minta konfirmasi apakah nomor KK Anda sudah benar ataukah Anda punya nomor KK baru.


Dalam kasus saya, Dukcapil membalas dalam waktu 28 jam kemudian (kirim email Kamis pagi, dibalas Jumat pagi). Namun ini belum selesai.


Dukcapil baru melakukan pengecekan untuk penyesuaian data dan memberikan nomor tiket pelaporan. Silakan gunakan nomor tiket pelaporan tersebut jika Anda ingin menghubungi atau mendatangi Dukcapil terdekat.

Baca juga:
Tetapi jangan khawatir. Siangnya, atau 6 jam setelah kami terima email balasan dari Call Center Dukcapil, kami kembali menerima email konfirmasi bahwa data kependudukan sudah sesuai. Nik dan KK sudah di-update di database mereka dan nomor NIK dan KK kita tetap menggunakan yang tertera di fisik KTP dan KK.


Setelah nomor KTP dan KK sinkron di database Dukcapil, silakan registrasikan kartu prabayar Anda. Untuk masing-masing operator, URL nya berikut ini:
  • Telkomsel klik di sini
  • XL klik di sini
  • Indosat klik di sini
  • Tri klik di sini
  • Smartfren klik di sini 

Kami melakukan registrasi ulang dari web Telkomsel dan XL tersebut. Lumayan, tidak perlu repot mengantri di galeri operator yang bersangkutan. Selamat mencoba! Mudah-mudahan bermanfaat.