Cara Pasang Ads.txt di Blog Gratisan

Belum lama ini Google mengambil langkah radikal. Ia meminta seluruh pemilik website ataupun blog untuk mengupload file Ads.txt ke situsnya. Kalau masih mau mendapatkan uang dari iklan di Internet.

Yang jadi masalah, tidak semua website apalagi blog, apalagi yang gratisan, menyediakan fasilitas untuk meng-upload file ke situs tersebut. Apalagi Google mewajibkan harus upload di root folder. Nah, kalau sudah begitu, bagaimana cara pasang ads.txt di blog gratisan? Apakah bisa? Tentu saja!


Sebagai contoh, situs kita ini. Situs ini merupakan situs yang dihost di Blogger (dengan domain asli berbasis Blogspot), namun dipasangi custom domain, alias domain berbayar yang per tahunnya bayar sekitar 150 ribuan.


Yang tadinya anteng-anteng dapat 400-500 impression per hari, mendadak anjlok hanya menjadi 1, maksimum 9 impression dalam sehari. Pendapatan pun menurun drastis. Dari awalnya meraih sekitar Rp100 sampai 6.000 per hari (masih seiprit sih, tapi lumayan buat newbie seperti kami), tiba-tiba ludes. Nol sama sekali. Stress kan?

Baca juga:


Akhirnya, setelah mencari kesana-kemari, ketemu jawabannya. Supaya berkah, mari kita berbagi. Sebagai informasi, contoh berikut adalah contoh kalau Anda punya blog berbasis Blogger, baik blogspot.com ataupun sudah dipasangi custom domain. Caranya:



 
- Login ke Blogger
- Di bagian kiri atas, klik pada panah ke bawah
- Klik blog mana yang ingin Anda pasangi ads.txt
- Kalau blog Anda memang cuma satu, langsung saja klik di bagian Settings di sebelah kiri layar
- Di bagian Settings, scroll dan klik di bagian Search preferences
- Scroll ke bawah sampai ketemu bagian Monetization
- Klik Edit lalu masukkan google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Harap diperhatikan, pub-000 di atas adalah contoh. Silakan masukkan ID akun Adsense Anda atau akun ad lainnya yang Anda miliki. Setelah selesai, klik Save settings.

Untuk mengetahui apakah file ads.txt tersebut sudah aktif (butuh waktu 24 jam sampai ia aktif kembali), silakan cek dengan membuka http://alamatwebsiteanda/ads.txt. Selamat mencoba! Mudah-mudahan penghasilan kembali mengalir ke blog Anda.

Tidak ada komentar