7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Instax Kamera

Kamera yang digunakan untuk mengabadikan momen jumlahnya ada banyak. Ada kamera standar yang menggunakan film dan ada juga yang menggunakan memori untuk film digital. Selain itu ada yang memakai film instan yang langsung memunculkan hasilnya secara cepat.

Biasanya kamera yang digunakan untuk mendapatkan hasil secara instan itu diberi nama Instax. Ada cukup banyak brand yang mengeluarkan itu dan salah satunya adalah Fujifilm. Dengan kamera ini Anda bisa mengabadikan momen yang hasilnya instan.

Biasanya sebelum menggunakan kamera ini Anda harus memasukkan film. Setelah itu bisa langsung melakukan pemotretan seperti biasa. Begitu pengambilan gambar selesai, hasil dari foto akan langsung muncul dengan sendirinya secara instan.


1. Perhatikan Ukuran dari Kamera
Sebelum memutuskan untuk membeli Instax atau kamera yang sejenis ada baiknya untuk memperhatikan ukurannya terlebih dahulu. Karena biasanya ukuran dari setiap kamera akan berbeda-beda dan tergantung dengan kertas yang nantinya dipakai.

Apa yang memiliki ukuran besar dan ada juga yang memiliki ukuran kecil. Jadi perhatikan terlebih dahulu ukuran dari kamera agar memudahkan proses pengambilan gambar ataupun momen yang dimiliki.

Selain itu ukuran juga akan menentukan apakah produk ini cukup mudah dibawa kemanapun atau tidak. Apabila ukurannya besar biasanya akan sedikit sulit untuk dibawa kemana pun apalagi tas yang digunakan kecil.

2. Produsen Kamera
Selanjutnya harus mengetahui terlebih dahulu produsen dari kamera yang memiliki konsep sama. Karena ada banyak sekali produsen yang mengeluarkan kamera dengan hasil gambar instan ini.

Biasanya produk-produk yang berasal dari Jepang mengeluarkan kamera dengan kualitas yang sangat bagus. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan proses riset terlebih dahulu untuk mengetahui kira-kira produsen kamera mana yang bisa dibeli.

Usahakan untuk tidak asal membeli kamera ini apabila tidak memahami kualitas dari setiap produsennya. Karena jika asal beli bisa saja produk itu tidak sesuai dan hasilnya juga berantakan.

3. Harga dari Kamera
Harga dari kamera ini cukup bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena setiap pameran memiliki fungsi yang berbeda-beda maka harus dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Apabila memiliki budget yang tidak terlalu besar maka bisa memberikan merah dengan harga sekitar 1 jutaan saja. Sebaliknya apabila memiliki budget yang lebih besar bisa membeli produk yang kualitasnya lebih tinggi.

Sebenarnya harga dari kamera tidak begitu masalah selama kemampuan untuk pengambilan gambarnya sudah mumpuni. Selain itu kualitas dari kertas yang nantinya dipakai juga akan menentukan bagaimana hasil akhir dari foto.

4. Kebutuhan yang Dimiliki
Perhatikan kebutuhan yang dimiliki terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena setiap orang akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari kebutuhan yang berhubungan dengan bisnis atau hobi.

Apabila digunakan untuk sekedar hobi saja mungkin tidak perlu memilih yang harganya terlalu tinggi. Asal bisa digunakan untuk mengambil gambar saja sudah cukup sehingga bisa dibawa kemanapun ketika pasir.

Namun jika digunakan untuk keperluan bisnis seperti jasa pengambilan foto, berarti membutuhkan kualitas yang sangat tinggi. Jadi tidak bisa dengan mudah asal membeli karena hasilnya bisa tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

5. Garansi yang Diberikan
Selalu pertimbangkan garansi yang nantinya akan diberikan oleh toko. Karena garansian akan diberikan bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Ada garansi yang langsung memberikan satu tahun dan ada juga garansi yang lainnya.

Usahakan untuk mempertimbangkan garansi ini terlebih dahulu sebelum membeli. Apabila merasa kebingungan dengan garansi dan apa saja yang didapatkan bisa langsung minta bantuan customer service untuk menjelaskan.

Jadi produk yang nantinya dibeli memang benar-benar sudah sesuai. Selain itu Anda juga bisa menghindari hal-hal yang bisa membatalkan garansi.

6. Aksesori Pendukung
Selanjutnya pertimbangkan aksesori pendukung apa saja yang nantinya akan digunakan apabila menggunakan kamera ini. Semakin banyak aksesoris maka akan semakin merepotkan karena setiap saat harus membeli sesuatu.

Selama hanya perlu menggunakan kertas foto saja maka tidak ada masalah sama sekali. Apalagi jika kertas foto yang nantinya dibeli memiliki harga yang cenderung lebih terjangkau.

7. Ulasan dari Pengguna
Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah memahami ulasan dari pengguna terlebih dahulu. Karena meski terlihat sangat menarik seperti memiliki bintang cukup tinggi belum tentu hasilnya sesuai dengan keinginan.

Itulah kenapa sama disarankan untuk membaca juga ulasan dari para pembeli yang sudah menggunakannya. Dari sana bisa diketahui kira-kira produk ini memang memiliki kualitas tinggi atau justru biasa saja.

Pastikan untuk membaca sebagian besar komentar ataupun ulasan yang dilakukan oleh para pembeli. Apabila sebagian besar ulasan memiliki nilai positif berarti bisa pastikan jika produk itu memang benar-benar berkualitas.

Sebenarnya apabila ingin membeli Instax kamera, tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Namun, untuk isi ulang film mungkin butuh banyak jika Anda hobi fotografi. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena hasilnya sangat menarik dan klasik.

Saat ini untuk bisa membeli Instax bisa dilakukan secara langsung dengan marketplace seperti Blibli. Pembelian di sana bisa dilakukan dengan sistem tunai atau bisa juga menggunakan sistem cicilan agar lebih terjangkau.

Tidak ada komentar