Daftar Smartphone yang Mendapat Android 12

Kabar gembira bagi Anda yang sudah menunggu-nunggu kehadiran sistem operasi terbaru dari Android. Ya, Android 12, OS teranyar dari Google tersebut kini sudah resmi dihadirkan untuk pengguna.

Tepatnya pada 19 Oktober 2021, sejumlah pengguna di seluruh dunia sudah bisa menikmati sistem operasi Android 12 di smartphone kesayangannya.


Anda juga tak perlu khawatir untuk men-download dan menggunakannya. Kali ini, Android 12 sudah versi stabil setelah melewati sejumlah update dalam mode developer preview dan beta.

Sayangnya, mereka yang beruntung untuk mendapatkan OS generasi penerus dari Android 11 tersebut lebih awal hanya pengguna spesifik. Pemilik smartphone seri Pixel buatan Google saja yang akan mendapatkannya.


Berikut ini daftar smartphone yang mendukung Android 12:

  • Pixel 3
  • Pixel 3 XL
  • Pixel 3a
  • Pixel 3a XL
  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a 5G
  • Pixel 5
  • Pixel 5a

Pengguna smartphone-smartphone di atas akan langsung mendapatkan Android 12 saat dirilis di server FOTA milik Google.

Smartphone teranyar Google sendiri, yakni seri Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang baru saja diluncurkan Google pada 20 Oktober ini, sudah langsung menjalankan OS Android 12 secara pre-installed.

Bagi pengguna ponsel seri Pixel yang disebutkan di atas, pembaruan Android 12 yang memiliki besar file 1,5GB tersebut bisa dilakukan secara over-the-air (OTA) dengan mengakses menu "Settings" > "System" > dan "System Update".

Sebagai gambaran, pembaruan OS Android 12 membawa sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih segar dan sederhana. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".


Baca juga:


Selain desain tampilan, Google turut meningkatkan kinerja Android 12 menjadi lebih responsif dan irit daya. Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Di Android 12, Google juga menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka, salah satunya melalui fitur Privacy Dashboard.


Lalu, kapan pemilik smartphone Android lain mendapatkan update ke Android 12? Seperti dilansir AndroidAuthority, sejumlah produsen smartphone yang akan segera mendapatkan pembaruan Android 12 di antaranya adalah Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Google menyatakan, pembaruan Android 12 versi stable bakal menyambangi sejumlah ponsel Android lainnya dari berbagai vendor smartphone setidaknya sebelum tahun 2022 mendatang.

Tidak ada komentar