Youtube Uji Coba Izinkan Unduh Video di Desktop

Salah satu keuntungan menjadi pelanggan YouTube Premium adalah Anda dapat menyimpan video yang ingin ditonton secara offline. Sayangnya, keuntungan khusus ini hanya bisa dibuka di aplikasi seluler YouTube untuk iOS dan Android.

Artinya, bagi Anda para pengguna desktop ataupun laptop, Anda mendapatkan hampir semua fasilitas dan fitur lain kecuali untuk fitur download tersebut. Rugi dong?


Jangan khawatir. Tampaknya kekurangan ini bisa berubah. YouTube saat ini sedang menguji fitur download untuk pengguna desktop dan memungkinkan mereka untuk menyimpan video agar bisa ditonton secara offline di desktop. 


Tapi ada syaratnya nih guys. Nantinya video akan tetap diunduh dan dapat dilihat secara offline selama komputer kamu memiliki koneksi internet aktif setidaknya satu hari setiap 30 hari sekali. Kecuali kalau Anda berencana untuk offline selama lebih dari sebulan.


Menurut situs web YouTube, pengujian fitur ini hanya akan tersedia hingga 19 Oktober saja. Fitur ini hadir sebagai pengujian dan belum akan tersedia mungkin sampai 1 bulan mendatang.

Yang menarik, jika pengujian ini berjalan lancar, fitur ini diyakini akan tersedia untuk semua pelanggan Premium ke depannya.

Selain itu, YouTube mencatat bahwa fitur tersebut hanya akan berfungsi di browser seperti Chrome, Edge, atau Opera. Sedangkan untuk browser Firefox atau Safari tidak disebutkan. 

Jadi, jika Anda menggunakan salah satu dari kedua browser tersebut, Anda tampaknya belum bisa menikmati fitur download yang bersangkutan.


Baca juga:


Discord Uji Coba Integrasi Dengan Youtube

Kabar berikutnya, hadir dari Discord. Ya, YouTube dan Discord sedang menguji coba sebuah fitur  yang terintegrasi dengan YouTube yang disebut dengan Watch Together. 

Fitur ini membuat pengguna Discord dapat menonton langsung video YouTube lewat platform tersebut.

Pengguna akan mendapat kemudahan dengan adanya fitur ini karena bisa menambahkan video ke antrian server secara langsung melalui tatap muka atau menempelkan tautan dari laman YouTube.


Uji coba tersebut hanya tersedia di server teman dan keluarga saja dan belum diluncurkan ke komunitas Discord lainnya. Discord sendiri disebutkan akan meluncurkan ke server yang lebih luas pada akhir Oktober mendatang.

Untuk saat ini belum ada kabar mengenai tindak lanjut dari fitur tersebut dari pihak YouTube maupun Discord. Belum diketahui pula apakah fitur ini akan terus ada, menginat Discord baru saja menghentikan integrasi fitur dengan platform lain selain YouTube.

Tidak ada komentar