Tips Agar Tidak Tertipu Penjual Voucher Game dan Diamond Palsu

Anda gemar bermain game, khususnya game mobile? Kalau ya, mungkin Anda juga sering mendengar soal voucher game dan diamond.

Ya, kedua item ini banyak diburu oleh para gamers. Di sisi lain, saat ini banyak penjual voucher game dan diamond di internet dengan harga yang jauh lebih murah dari harga resmi untuk menggaet calon pembelinya. 



Biasanya, kita melihat penjual model seperti ini mengiklankan produknya di beranda platform Facebook ataupun Twitter.

Banyak dari para penjual tersebut adalah para penipu yang memanfaatkan para gamers yang ingin men top-up diamond dengan harga miring. 



Penjual biasanya membuat para pembelinya mentransfer sejumlah uang kepada rekening miliknya. Pembeli biasanya tidak banyak memikirkan rekening apa yang akan mereka transfer tersebut. Alih-alih mendapat diamond, pembeli malah diblokir dan seller menghilangkan jejaknya.

Modus penipuan seperti ini sebenarnya sudah sering terjadi di Indonesia dan menjamur. Bukan hanya penjualan diamond game tetapi hal lain juga sering. Modus penipuan tersebut dinamakan teknik rekayasa sosial atau manipulasi psikologis. 

Banyaknya korban disebabkan literasi digital masyarakat Indonesia masih terbilang rendah.

Nah, agar terhindar dari modus penipuan ini sebaiknya kita simak beberapa langkah yang dapat menghindarkan kita dari penipu. 

Jangan Langsung Senang dengan Harga Murah
Harga murah tidak menjamin kualitas. Terlebih lagi jika harga murah tersebut dipatok untuk barang yang sifatnya digital seperti diamond game. Calon pembeli jangan langsung senang dengan harga tersebut. Pertimbangkanlah harga yang dipatok penjual, tapi lebih baik membeli di platform gamenya sendiri ya guys.

Tidak Transfer di Luar Aplikasi
Gamer bisa membeli diamond dengan menggunakan aplikasi gamenya sendiri. Pengisian atau top-upnya sendiri bisa melalui Google Play dan Gopay agar lebih aman. Selain itu diamond sudah pasti di dapat. 



Baca juga:


Amankan Data Pribadi

Jangan pernah memberikan data pribadi kepada penjual. Logikanya kita akan membeli diamond, untuk apa data pribadi? Data pribadi tersebut biasanya digunakan oleh para penipu untuk tujuan lain yang bisa saja berbahaya. 

Gamer yang cerdas tidak akan membagikan data pribadinya. Terlebih jika penipu meminta data seperti ibu kandung, kode OTP, Password, tanggal lahir dan lainnya. 

Gunakan PIN
Selalu gunakan pin atau biometrik saat melakukan transaksi agar data yang gamer miliki lebih aman dan terjaga.



Laporkan Hal yang Mencurigakan 
Laporkan hal-hal yang mencurigakan ke laman bantuan resmi game jika diperlukan.

Nah, beberapa tips di atas adalah beberapa langkah antisipasi dan tips agar tidak tertipu penjual voucher game dan diamond palsu di Internet. Silakan diikuti guys, jangan sampai salah langkah.

Tidak ada komentar