E-Commerce Adalah Platform Bisnis Pasca Pandemi. Mana yang Recommended?

Pandemi Covid-19 mengubah bagaimana kita menjalani hidup, termasuk berniaga. Ya, benar, jauh sebelum Coronavirus datang, e-commerce telah banyak digunakan oleh pengguna, khususnya di kota besar.

Akan tetapi, hadirnya Covid-19 membuat e-commerce menjadi platform berdagang dan berbisnis terbaik di masa datang. Dan kalaupun pandemi berakhir nantinya, e-commerce adalah platform yang akan menjadi ujung tombak untuk penjualan.



Semakin bertambah majunya teknologi internet di Tanah Air juga memunculkan startup e-commerce terbaik Indonesia yang banyak sekali jumlahnya. Setiap toko online yang dibangun menjual berbagai macam produk yang sangat lengkap dengan kelebihannya masing-masing. 



Setiap platform e-commerce tersebut memiliki tujuan sebagai wadah para penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi secara mudah, cepat dan praktis. Lalu, apa saja e-commerce terbaik yang ada di Indonesia? Berikut ini daftar situsnya.



Shopee
Pada saat ini, Shopee menduduki peringkat pertama sebagai situs e-commerce terbaik di Indonesia. Pengunjung Shopee selama satu bulan saja tercatat hingga 93 juta lebih pengguna internet untuk berbelanja. Situs e-commerce ini berasal dari Singapura di bawah naungan SEA Group yang awalnya dikenal dengan Garena.

Shopee awal berdirinya pada tahun 2009 yang mempunyai ciri khas dengan warna oranye. Untuk pertama kali peluncurannya e-commerce ini di Singapura pada tahun 2015 yang kemudian melebarkan sayapnya ke negara-negara tetangga. Negara-negara tetangga tersebut diantaranya seperti Thailand, Malaysia, Taiwan, Vietnam termasuk juga Indonesia.

Tokopedia
E-commerce terbaik di Indonesia yang kedua yaitu ada Tokopedia, pengunjung tiap bulannya tercatat sekitar 86 juta pengunjung. Tokopedia di aplikasi Google Play Store dan App Store menduduki peringkat yang kedua. Tokopedia adalah hasil karya anak negeri yang bernama William Tanuwijaya bersama dengan Leontinus Alpha Edison di tahun 2009 yang lalu.

Pada saat ini e-commerce Tokopedia telah menjadi salah satu unicorn yang ada di Indonesia. Ciri khas yang dimilikinya yaitu warna hijau, Tokopedia juga mempunyai andil dalam hal memajukan bisnis Tanah Air. Dengan cara mengajak para pelaku usaha UMKM maupun perorangan untuk bekerja sama memasarkan produk-produknya melalui Tokopedia.

Bukalapak
E-commerce terbaik yang ada di Indonesia urutan ketiga diduduki oleh aplikasi Bukalapak. E-commerce tersebut didirikan oleh Achmad Zaky sejak tahun 2010-an yang awalnya dikhususkan kepada para pelaku UMKM untuk merambah dunia internet. Akan tetapi, sekarang ini Bukalapak sudah menjelma menjadi bisnis besar dengan berbagai macam lini bisnis yang bervariasi.



Untuk pengunjung setiap bulannya telah tercatat mencapai sekitar 35 jutaan pengunjung website yang membuka situsnya. Sekarang Bukalapak sudah berhasil mengumpulkan ribuan penjual atau seller berjumlah sekitar 190 ribu. Jumlah yang dimiliki Bukalapak tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan situs jual beli manapun.

Baca juga:


Lazada
Lazada yang berdiri sejak tahun 2012 ini merupakan perusahaan yang mempunyai markas di negara Singapura. Dan telah melebarkan sayapnya ke berbagai negara di Asia Tenggara tak terkecuali juga dengan Indonesia. pemilik Lazada merupakan Alibaba Group yang berasal dari China. Jadi tidak mengherankan jika banyak menemui penjual-penjual yang berasal dari negeri China.

Untuk pengunjung website resmi dari Lazada setiap bulannya juga sangat banyak yaitu sekitar 22 jutaan. Yang menjadi pembeda dengan e-commerce lainnya yaitu bahwa Lazada mempunyai pengikut di akun Facebooknya yang berjumlah sekitar 29 juta orang. Jumlah pengikut di akun Facebook Lazada terbilang paling banyak jika dibandingkan dengan situs-situs lainnya.

Blibli
Untuk posisi yang kelima yaitu ada Blibli, toko online tersebut mempunyai warna khas biru. Aplikasi ini telah mempunyai jumlah pengunjung bulanannya sebanyak 18 jutaan orang. Tampilan yang dimilikinya sangat menarik dengan desain modernnya, dengan kategori produk yang dijual sangat banyak sekali.



Produk-produk unggulan yang dijual di platform Blibli ini di antaranya ada barang elektronik, home living, fashion, event, ticketing dan masih banyak lagi lainnya. E-commerce ini menjadi website yang seringkali menawarkan promo kepada para pelanggan setianya yang selalu menarik.

Itulah beberapa e-commerce terbaik Indonesia yang masih sangat eksis saat ini, namun sebenarnya masih banyak lagi lainnya yang belum Anda ketahui. Setiap e-commerce tentu menawarkan kelebihan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar