Cara Hapus Pesan WhatsApp Secara Otomatis

Beberapa saat lalu, WhatsApp memang telah menguji coba fitur pesan sementara. Fitur tersebut, sesuai namanya, dapat dilihat secara sementara dan setelah dikirim dapat hilang secara otomatis. Dengan demikian, para pengguna tidak perlu menghapus pesan-pesan tersebut.

Pengadaan fitur pesan sementara membuat para pengguna tidak perlu was-was akan pesan rahasia yang dikirimkan dan lupa menghapusnya. 



Seperti diketahui, tidak semua pesan yang kita ketikkan di WhatsApp itu penting dan bermakna. Adapun fitur seperti ini juga dapat memperingkas dan menghemat memori pada ponsel.

Saat fitur pesan sementara diaktifkan, pesan yang terkirim ke pengguna lain akan terhapus secara otomatis tujuh hari kemudian. Meskipun pengguna tidak membuka WhatsApp selama tujuh hari, secara otomatis pesan yang dikirimkan akan terhapus. Akan tetapi, pratinjau pesan akan tetap disimpan sampai WhatsApp pengguna dibuka kembali.



Di sisi lain, ketika pengguna membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang pengguna balas adalah pesan sementara, maka pesan yang dikutip akan ada di chat setelah 7 hari. 

Adapun pesan sementara yang diteruskan ke bilah chat yang dimatikan fitur pesan sementara-nya, tidak akan terhapus secara otomatis. Pengguna dapat membuat cadangan sebelum pesan hilang. Pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. 

Pesan sementara akan terhapus secara otomatis ketika pengguna memulihkan chat dari cadangan yang disimpan.



Baca juga:


Jangka waktu tujuh hari ini ditawarkan oleh pihak WhatsApp agar para pengguna merasa tenang dan lebih privat sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak permanen namun memberi pengguna waktu untuk dapat kembali melihat percakapan agar tidak lupa dengan topik yang dibicarakan.

Selain percakapan personal, ternyata fitur ini dapat digunakan pada chat grup. Saat pengguna bertukar pesan secara personal, masing-masing pengguna dapat mengaktifkan serta menonaktifkan fitur ini. Namun untuk chat group, hanya pihak admin saja yang dapat mengaktifkan fitur pesan sementara ini.

Nah bagi yang penasaran, begini cara untuk menggunakan fitur tersebut:

  • Buka chat target
  • Klik profil individu
  • Klik Opsi Pesan Sementara atau Dissapearing Messages
  • Anda dapat menyala matikan fitur tersebut dengan klik Nyala atau On dan mengatur waktu yang diinginkan.


Sumber: WebetaInfo

Selamat mencoba! Oiya lebih baik gunakan fitur ini bersama orang yang dipercaya. Jika sedang membicarakan hal-hal yang serius dan memiliki pengaruh jangka panjang sebaiknya seperti bisnis atau berjualan chat disimpan atau Screenshoot terlebih dahulu untuk dijadikan  bukti dikemudian hari.

Tidak ada komentar