EMUI 11, Antarmuka Android Terakhir dari Huawei

Setelah Huawei diblokir oleh pemerintahan Donald Trump, sistem operasi Android buatan Google diblokir dan Google menarik lisensi mereka dari merek ponsel tersebut. Huawei bahkan sempat menggunakan sistem operasi piranti lunak tanpa lisensi atau open source.

Imbasnya, EMUI 11, antarmuka smartphone Android Huawei yang menggunakan OS yang berbasis Android 10 dan Android 11, diperkirakan akan menjadi antarmuka terakhir sebelum Huawei bermigrasi dari OS Android. 




Migrasi OS itu sendiri belum dapat dipastikan, bahkan ditepis oleh pihak Huawei yang menyatakan bahwa pihaknya tidak akan menggunakan Harmony OS pada smartphone. Namun, pernyataan tersebut diungkapkan sebelum adanya pemblokiran oleh pemerintahan AS yang membuat Andoid harus mencekal Huawei.

Kini, akhirnya Huawei dikabarkan tengah menggarap Harmony OS. Dan rumor lainnya yang muncul mengatakan bahwa Huawei akan mengganti Android dengan HongMeng OS. 




Laporan terbaru mengenai penggarapan OS tersebut dikutip dari wawancara dengan Head of Software Development Huawei Consumer Business Group, Wang Chenglu. Ia mengisyaratkan bahwa Harmony OS kini dipersiapkan untuk mengganti Android.

Menurut Chenglu, EMUI 11 menggunakan kerangka kerja serta penjadwal sistem dan perubahan lainnya yang sama dengan HongMeng OS.

Sebagai gambaran, HongMeng OS sendiri sudah ada pada beberapa perangkat seperti TV, mobil dan jam tangan yang memiliki versi HongMeng2.0. Sedangkan untuk smartphone, sebuah smartphone yang belum diketahui namanya akan disisipi Hongmeng OS 2.0 OTA yang akan rilis berbarengan dengan EMUI 11.




Baca juga:


Kabarnya, smartphone yang belum memiliki nama ini akan mendapat OS yang bukan Android dan digadang-gadang akan memiliki sistem operasi dari Harmony OS atau HongMeng OS. Ia akan ditenagai oleh Kirin 9000, seperti jajaran Huawei Mate 40, Kirin 990 5G, dan Kirin 810.

Bukan cuma ponsel terbaru Huawei yang belum memiliki nama, namun EMUI 11 juga nantinya dapat menginstal Harmony OS yang dikabarkan akan hadir pada tahun 2021 nanti. 




Nah bagi kalian yang memiliki ponsel lama Huawei yang masih memiliki Google Play di dalamnya, perusahaan mengklaim para pengguna masih bisa mendapatkan update perangkat dan Android menggunakan Google Mobile Service. 

Jadi jangan khawatir, pemblokiran ini hanya berlaku untuk ponsel terbaru Huawei saja.

Tidak ada komentar