Headset VR Oculus Quest Kembali Tersedia di Pasaran

Oculus Quest, headset VR populer yang akhir-akhir ini susah ditemukan ketersediaannya di pengecer termasuk di online, akhirnya kembali tersedia. Ini tentunya merupakan berita bagus untuk para penggemar VR.

Sebagai informasi, Oculus tahun lalu meluncurkan pembaruan pelacakan tangan yang memungkinkan pengembang membuat game yang tidak memerlukan pengontrol dan perangkat lunak. Kabel Oculus Link pada Headset memungkinkan Quest untuk ditambatkan ke PC dan memainkan game yang dibuat untuk HTC Vive yaitu Half-Life: Alyx.


Dua nama tersebut merupakan judul game VR andalan dari Valve yang dirancang untuk dijalankan pada HTC Vive yang tergolong mahal. Dengan adanya Oculus Quest yang harganya relatif lebih murah, kini siapapun dapat memainkan game tersebut.


Hal yang membuat Oculus Quest habis dipasaran adalah permintaan konsumen. Dampak virus corona pada manufaktur, dan bot penjualan yang mengotomatiskan pembelian produk persediaan terbatas seperti Quest dan Nintendo Switch sebelum konsumen dapat mengakses situs web penjualan juga jadi penyebabnya.

Namun akhirnya, berbagai pengecer mulai memiliki persediaan kembali. Jika Anda sudah menunggu model 64GB atau 128GB pada Headset ini, sekarang saatnya untuk melakukan pemesanan.

Tetapi tentunya ada banyak yang harus diperhatikan. Persediaan dapat terus berubah, dan tidak ada jaminan Anda bisa mendapatkan versi dengan kapasitas penyimpanan yang Anda inginkan sekarang. Jadi, Anda mungkin perlu memilih antara menunggu lebih lama atau membeli versi 128GB ketika Anda menginginkan versi 64GB (atau sebaliknya). 



Baca juga:

Jika Anda membeli Quest untuk bermain Half-Life: Alyx, Anda mungkin perlu mendapatkan kabel USB-C yang cukup panjang yang juga sulit didapat. Anda dapat menggunakan kabel pengisi daya USB yang disertakan dengan Quest Anda, namun panjangnya terbatas, hanya 3 meter saja.

Sebagai gantinya, Anda dapat membeli kabel Oculus Link sepanjang 5 meter dari Oculus dengan harga yang cukup mahal yaitu $79.

Oculus Link ini spesial karena memiliki USB-C di kedua ujungnya. Alternatif lain, jika Anda tidak ingin membeli Oculus Link, Anda bisa membeli Kabel Masiken Oculus Quest seharga $30 saja, yang dihubungkan ke port USB-A.


Selain pengadaan kembali headset VR Oculus Quest versi terbaru, terdapat rumor yang sedang hits tentang headset Oculus Quest generasi berikutnya, yang mungkin akan terungkap akhir tahun ini atau sekitar tahun 2021. Namun kabar ini masih hanya rumor dan belum ada bocoran sama sekali.

Jadi, mau beli yang mana nih guys?

Tidak ada komentar