Facebook Messenger Rooms, Bisa Gabung Lebih Banyak Orang

Zoom merupakan aplikasi yang paling banyak banyak digunakan untuk kebutuhan meeting secara online. Namun maraknya kebutuhan atas aplikasi meeting online dan kapasitas yang dapat ditampung, yakni agar lebih banyak orang untuk join ke dalam meeting tersebut, membuat kebutuhan aplikasi baru juga semakin meningkat.

Melihat kebutuhan di atas, Facebook sang raksasa media sosial akhirnya menyematkan fitur  percakapan video baru bernama Messenger Rooms yang bisa menampung banyak orang dalam satu video konferensi. Platform tersebut bisa menampung video telekonferensi hingga 50 orang.


Fitur baru tersebut fokus untuk membuat interaksi lebih pribadi ketimbang ke arah publik seperti yang selama ini dilakukan Facebook dan Instagram. Fitur di Facebook maupun Instagram yang membantu orang-orang berkomunikasi dalam kelompok kecil mereka.


Berkomunikasi juga dapat lebih intim melalui platform perpesanan pribadi seperti Messenger Rooms. Messenger Rooms bisa diakses melalui Facebook atau aplikasi Messenger. Dan kini fitur tersebut sudah tersedia di Facebook di hampir sebagian besar negara.

Nantinya, ada pula kabar lain yang menyebutkan bahwa penyelenggara video konferensi ini bisa menentukan apakah ingin membuka telekonferensi secara publik atau hanya ingin menguncinya dengan peserta-peserta undangan saja.


Baca Juga:

Uniknya, peserta yang bergabung tidak harus memiliki akun Facebook. Sama seperti Zoom atau Skype, akan tetapi mereka bisa langsung bergabung ke Messenger Rooms lewat tautan yang dikirim pengundang.


Sebagai tambahan, penyelenggara atau admin telekonferensi bisa menghapus peserta kapan saja dan bisa melaporkan peserta ke Facebook jika dinilai berperilaku buruk.

Selain itu, Facebook Messenger Rooms juga memiliki fitur penggantian background video seperti Zoom. Yang menarik, Messenger Rooms memiliki opsi background 360 derajat sehingga menimbulkan efek 3D. Namun, Facebook mengklaim bahwa mereka tidak akan melihat atau mendengar percakapan yang dilakukan penggunanya.

Ke depan, Rooms akan merambah ke platfom lain, yakni Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal dan Facebook akan menambah fitur-fitur baru di video messaging. Fitur ini mirip yang sudah ada di Instagram, di mana pengguna bisa mengajak pengguna lain untuk siaran langsung bersama.


Adapula Stiker donasi yang sudah ada di Instagram juga akan tersedia saat siaran langsung. Hal ini akan memudahkan penggalangan dana melalui Facebook Live. Instagram Live ini juga mendapat pembaruan bahwa nantinya, pengguna bisa mengunggah siaran langsung di IGTV maupun Instagram Story setelah mereka selesai mengadakan Live Streaming.

Tidak ada komentar