Spesifikasi Xiaomi Redmi S2 Cukup Konservatif

Xiaomi, produsen smartphone dan perangkat elektronik yang sedang meroket, bertubi-tubi menghadirkan smartphone terbarunya ke pasaran Indonesia. Belum lepas dari ingatan mereka menghadirkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, lalu disusul oleh Redmi Note 5 yang membuatnya dijuluki sebagai hape ghoib, kini sudah ada varian baru yang dirilis.

Hari ini mereka menghadirkan Xiaomi Redmi S2, smartphone mainstream terbaru mereka yang ditujukan untuk mengambil posisi di bawah seri Redmi Note 5 dan menyingkirkan Redmi 5 Plus. Tetapi, alih-alih diperkuat oleh komponen mutakhir, spesifikasi Xiaomi Redmi S2 cukup konservatif (baca: jadul). Seperti apa?


Secara spesifikasi, Xiaomi Redmi S2 setingkat lebih rendah dibanding Redmi Note 5, namun ia tetap dilengkapi kamera ganda di bagian belakang. Akan tetapi, berbeda dengan Redmi Note 5, kelebihan utama smartphone yang satu ini adalah di kamera depannya. Xiaomi menyebutkan, smartphone yang satu ini hadir untuk melengkapi kebutuhan masyarakat Indonesia yang gemar berselfie-selfie ria.
Seri S sendiri memang ditujukan untuk segmen anak muda yang ekspresif dan ingin selalu terhubung dengan orang lain. Ponsel ini diklaim sebagai yang paling lengkap di kelasnya. Makna S pada Redmi S2 ini sendiri adalah "selfie" yang artinya ponsel ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan swafoto para penggunanya.

Baca juga:

Dari spesifikasi, kamera depan ponsel ini memang memiliki resolusi yang cukup besar yakni 16 megapiksel dan dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) serta LED flash. Seperti biasa, fitur beautify juga tersedia dalam ponsel ini untuk mempercantik wajah kita dalam sekejap.

Sementara pada bagian belakang, modul kamera disusun secara vertikal di bagian tepi body, seperti beberapa ponsel Xiaomi sebelumnya. Resolusinya sendiri adalah 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Kamera ganda ada ponsel ini dibekali dengan Electronic Image Stabiliztion (EIS) yang dipergunakan untuk mengambil gambar lebih stabil. Di dekat kamera belakang, tersedia sensor fingerprint.


Sayangnya, selain desainnya yang serupa dengan model Xiaomi lainnya, Xiaomi Redmi S2 juga relatif konservatif, atau bisa dibilang jadul. Ia masih memanfaatkan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memang masih cukup mumpuni dan hemat energi. Namun sudah cukup berumur. Harganya juga dipatok di Rp2,3 juta dengan RAM 3GB dan storage 32GB.

Di harga itu, ada ZenFone Max Pro M1 yang punya RAM dan storage sama besar namun punya prosesor jauh lebih kencang yakni Snapdragon 636, atau Redmi 5 Plus yang juga punya RAM dan storage sama besar, tetapi harganya terpaut Rp100 ribu lebih murah. Atau mau tambah Rp200 ribu, dapat Redmi Note 5. Tampaknya kali ini akan terjadi perang saudara di antara seri-seri Xiaomi terbaru.

Tidak ada komentar