Tips Mencegah Kerusakan Mata Pengguna Smartphone

Penggunaan perangkat elektronik dalam jangka waktu lama, khususnya yang menggunakan layar untuk melihat konten yang kita nikmati, tentu sangat berbahaya. Alasannya, layar memancarkan berbagai warna cahaya sinar, termasuk sinar biru. Nah, sinar biru ini yang tidak baik.

Penjelasan lengkap tentang efek sinar biru bagi kesehatan mata sendiri dibahas lengkap oleh Optik Melawai. Namun tentunya, berhubung mereka adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan optik seperti lensa kontak, kaca mata dan lain-lain, sudut pandang mereka adalah pencegahan dengan memanfaatkan alat pelindung mata berbasis lensa tersebut.



Seperti disebutkan pada artikel di atas, salah satu sumber utama sinar biru yang merusak mata adalah smartphone. Apalagi saat ini smartphone sudah menjadi bagian terdekat dalam hidup manusia. Terlampir ada sedikit penjelasan tentang bagaimana sinar biru bisa mempengaruhi kesehatan mata, otak, dan tubuh:



Lalu, buat kita yang aktivitasnya tidak bisa jauh dari smartphone, apa yang bisa kita lakukan? Tentu saja adalah dengan mengurangi efek sinar biru yang dipaparkan smartphone kita. Memang bisa? Tentu saja!

Kalau Anda pengguna ASUS Zenfone, caranya sangat mudah. Scroll down menu Settings, lalu tekan tombol Bluelight Filter, maka layar smartphone akan mengurangi pancaran sinar biru berbahaya itu.




Efeknya, tampilan layar akan sedikit menguning, tidak terlalu putih seperti biasa. Tetapi dengan begini  mata Anda akan sedikit lebih terjaga. Namun tentunya, sebaiknya jangan melihat ke layar itu secara non-stop juga :)

1 komentar

Wandi mengatakan...

Terimakasih banyak infonya, sangat membantu.



Kunjungi juga blog saya "WandiWeb" untuk mendapatkan info seputar teknologi terbaru.