Cara Hapus Cache Hape Android Agar Kembali Ngebut

Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari bahwa sebenarnya di dalam perangkat smartphone kita terdapat cache memory yang tugasnya adalah menyimpan sementara data-data atau aplikasi yang sedang dibuka atau sudah dibuka.

Sebenarnya, tugas cache pada ponsel Android tersebut adalah untuk mempercepat kinerja. Meski demikian, informasi dalam cache bisa menjadi membengkak atau kelebihan beban dan menyebabkan masalah kinerja. Kalau sudah begini, menghapus cache di ponsel Android secara berkala dapat membantu menghilangkan masalah kinerja pada perangkat.


Sebetulnya cache tidak perlu terus-menerus dihapus, tetapi pembersihan berkala dapat membantu. Sebagai contoh, aplikasi dan peramban web Anda menyimpan sedikit informasi untuk mempercepat pengalaman Anda menggunakannya.

Seiring waktu, ponsel Anda dapat mengumpulkan banyak file yang tidak Anda butuhkan. Anda dapat menghapus file untuk membebaskan sedikit ruang penyimpanan pada perangkat Anda. Membersihkan cache juga dapat membantu masalah perilaku situs web.




Menghapus cache browser dan cache aplikasi dari ponsel Android adalah proses yang cepat dan mudah seperti hal berikut dengan mengosongkan cache di aplikasi Chrome (browser web Android default).

1. Buka aplikasi Chrome di perangkat Anda.
2. Ketuk ikon tiga titik, yang ditemukan di kanan atas, untuk membuka menu dropdown.
3. Ketuk Riwayat, lalu Hapus data penelusuran.
4. Jika diinginkan, pilih tanggal terlama yang ingin Anda hapus menggunakan menu dropdown Rentang Waktu.
5. Pilih Gambar dan file dalam cache.
6. Ketuk tombol Hapus data untuk menghapus cache.

Di sisi lain, cache aplikasi ini mirip dengan cache browser. Isinya adalah sedikit informasi yang disimpan untuk mempercepat pengalaman Anda menggunakan aplikasi. Namun, ada kalanya aplikasi tiba-tiba ditutup atau berhenti merespons semuanya. Masalah dengan data yang di-cache bisa menjadi penyebabnya.


Mengosongkan cache adalah cara cepat dan mudah untuk menghapus ruang dan memperbaiki aplikasi yang bermasalah. Menghapus cache aplikasi tidak akan menghapus data aplikasi seperti informasi akun, password dan lain-lain. Berikut cara menghapus cache aplikasi:

1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
2. Ketuk Penyimpanan.
3. Ketuk Penyimpanan Internal di bawah Penyimpanan Perangkat.
4. Ketuk Data cache.
5. Ketuk OK ketika kotak dialog muncul

Menghapus cache aplikasi tidak akan menghapus data aplikasi seperti informasi akun. Data aplikasi, seperti informasi akun, dapat dihapus dari menu yang sama - lanjutkan dengan hati-hati jika Anda memutuskan untuk melakukannya.

Anda mungkin perlu membersihkan cache secara berkala, tetapi jadwal pembersihan cache sendiri tidak diperlukan. Jika Anda secara rutin harus membersihkan cache untuk mengosongkan ruang, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau mengarsipkan video dan foto yang tersimpan di cloud.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar