Sony Patenkan Controller PlayStation 5

Menurut The Verge, Sony telah mendaftarkan paten untuk controller PlayStation 5 nanti yang diduga akan menjadi Dualshock 5. Seperti diketahui, selama ini Sony memakai DualShock sebagai nama controller konsol game mereka. DualShock 4 untuk PlayStation 4, dan DualShock 3 untuk PlayStation 3.

Dari paten yang telah didaftarkan Sony, desain ini sudah digunakan sejak DualShock di PlayStation pertama. Mirip dengan DualShock 4 pula ada area kotak di tengah yang nampaknya tetap menjadi touchpad. Dan dua tombol di sampingnya. Area touchpad ini akan menjadi layar sentuh, kabarnya.


Dan kini ada dua lubang, yang kemungkinan Sony memisahkan port audio dan microfon. Sebagai gambaran, Sony dengan konsol game next-gen besutannya, PlayStation 5 (PS5), akan hadir pada musim liburan 2020.

Baca juga:

Kabar ini sendiri awalnya terungkap dari sebuah dokumen paten yang diunggah oleh kantor Paten Jepang (JPO) di situsnya. Mereka mengungkap desain fisik controller konsol game yang kemungkinan adalah milik PS5.Dalam paten yang diajukan oleh Sony itu tampak perangkat dengan desain keseluruhan yang mirip dengan controller PS4 sebelumnya.


Namun tak terlihat adanya lampu indikator seperti yang terdapat di controller PS4. Disebutkan pula bahwa controller untuk PS5 ini sudah menggunakan konektor USB tipe C, dari sebelumnya microUSB di perangkat terdahulu. Perbedaan lainnya dari controller PS4, di bagian bawah piranti pengendali game baru ini terdapat dua buah lubang jack audio 3,5mm yang dipisahkan oleh semacam pembatas.



Fungsinya masih belum jelas, tapi Sony memang sempat mengatakan bahwa controller PS5 akan menghadirkan fitur-fitur baru. Sony memasangkan Haptic Feedback ke DualShock 5 yang mampu mensimulasikan getaran lebih ralistik. Pemakaian Haptic Feedback ini mirip dengan apa yang ada di JoyCon milik Nintndo Switch yang selama ini sukses membuat simulasi getaran dengan realistis.


Secara garis besar, controller untuk konsol game baru ini akan identik dengan seri sebelumnya. Sony juga ingin menjaga kemiripan ini sejak generasi pertama. Sehingga gamer PlayStation 4 dan sebelum-sebelumnya lebih mudah dan familiar dengan controller PlayStation 5 ini nanti.

Tidak ada komentar