Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Absensi

Dalam sebuah perusahaan, karyawan karyawan merupakan salah satu aset atau unsur yang sangat penting. Karyawan merupakan senjata yang digunakan bagi pemilih suatu perusahaan agar usahanya dapat mencapai tujuan. Maka dari itu, Human Resources (HR) harus mampu mengelola sumber daya manusia (SDM) yang ada di bawahnya dengan maksimal. Salah satu cara agar sumber daya manusia (SDM) pada perusahaan dapat bekerja maksimal adalah dengan melakukan absensi kehadiran. Pencatatan absensi tersebut harus menggunakan aplikasi absensi yang efektif dan akurat.


Zaman sekarang, khususnya perusahaan-perusahaan menengah ke atas sudah menggunakan software absensi modern untuk menjaga kedisiplinan karyawannya. Dan seiring berjalannya perkembangan teknologi, maka absensi manual mulai ditinggalkan. Aplikasi absensi karyawan yang efektif, harus memuat beberapa fitur yang mendukung pencatatan absensi untuk para karyawan. Dari data absensi yang telah tersimpan, maka dapat diketahui kedisiplinan para karyawan perusahan. Fitur-fitur yang perlu ada dalam sebuah aplikasi absensi karyawan antara lain:

1. Terdapat Fitur Yang Menyediakan Efisiensi Waktu
Sistem aplikasi absensi yang baik harus dilengkapi dengan fitur yang membuat waktu jadi lebih efisien. Dengan adanya efisiensi waktu, data kehadiran karyawan di perusahaan tersebut dapat disajikan dan diketahui secara langsung tanpa berbelit-belit. Dengan demikian Anda harus memastikan aplikasi yang Anda pilih memilih sistem absensi yang dapat menyajikan data kehadiran secara real time. Sekarang ini sudah banyak software absensi yang memiliki fitur efisiensi waktu dan terintegrasi langsung dengan perangkat mobile Anda.

2. Terdapat Fitur Yang Menjamin Keamanan Data
Keamanan data menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah perusahaan. Anda harus memilih aplikasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Jangan sampai data-data penting mengenai kehadiran karyawan Anda diretas oleh pihak tertentu. Aplikasi absensi yang kurang menjamin keamanan data tentu sangat berisiko bagi kenyamanan kerja karyawan Anda. Dalam sisi lain akan merugikan diri Anda sendiri, karena mungkin saja seseorang akan mencuri dan memanipulasi data absensi karyawan Anda. Maka dari itu selektiflah dalam memilih aplikasi dalam hal ketersediaan fitur keamanan data.

3. Fitur Yang Dapat Menyajikan Data Secara Akurat
Keakuratan data sangat dibutuhkan oleh HR perusahaan Anda karena keakuratan suatu data mempengaruhi pengolahan terhadap administrasi karyawan perusahaan Anda. Jangan sampai Anda memilih software dengan tingkat akurasi di bawah standar, karena data yang disajikan rentan terdapat banyak kesalahan.

4. Fitur Fleksibilitas
Aplikasi absensi karyawan yang efektif harus memiliki sifat yang fleksibel. Artinya karyawan Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor hanya sekedar absen padahal dia sedang ditugaskan di luar kota atau di tempat lain yang jauh dari kantor perusahaan Anda. Dalam hal ini memungkinkan aplikasi absensi karyawan dalam jenis perangkat ponsel untuk melakukan absen di mana pun mereka berada.

Dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan yang tepat dan akurat, maka proses peninjauan kehadiran karyawan akan lebih mudah dilakukan.

Software absensi LinovHR akan membuat manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan Anda menjadi lebih efisien.

LinovHR hadir untuk membantu perusahaan Anda dalam hal menyederhanakan proses administrasi sehingga lebih mudah dan cepat dengan menggunakan satu perangkat yang terintegrasi. Selain itu, aplikasi absensi karyawan LinovHR juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa diubah sesuai kebijakan perusahaan seiring perkembangan kinerja perusahaan Anda. Hadirkan LinovHR untuk mengelola absensi dan payroll yang lebih berkualitas.

Tidak ada komentar