Huawei Nova 3i, Kompetitor Serius Smartphone Mid High

Huawei Indonesia Consumer Business Group menghadirkan secara resmi smartphone terbaru andalannya ke pasaran. Tak hanya sekadar hadir di market, akhirnya Huawei punya perangkat serius yang punya potensi besar untuk mengacaukan peta persaingan perangkat smartphone kelas menengah ke atas di Indonesia.

Adalah Huawei Nova 3i, perangkat yang baru saja diresmikan kehadirannya. Smartphone ini, sama seperti seri Nova sebelumnya, mengandalkan konfigurasi empat kamera. Namun demikian, agar mampu bersaing dengan kompetitornya, Huawei memperkuat smartphone ini dengan prosesor Hisilicon Kirin 710 yang kurang lebih setara dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660, atau sedikit di bawah Snapdragon 710.


Yang menarik, Huawei menempatkan posisi Nova 3i di harga yang sangat manis, yakni Rp4,199 juta. Bahkan mereka yang melakukan pre-order bisa mendapatkannya di harga Rp3,999 juta. Tak pelak, penempatan harga ini bisa mengganggu pergerakan Asus Zenfone 5 yang berada di kisaran harga Rp4,299 juta padahal hanya menggunakan Snapdragon 636 atau Oppo F7 yang dijual di Rp3,999 juta dengan Mediatek P60 ataupun Vivo V9 dengan Snapdragon 660 yang dijual di Rp4,3 jutaan.
Dari sisi smartphone-nya sendiri, Huawei Nova 3i hadir dengan layar 6,3 inch dan resolusi Full HD+, mengusung notch bagian atas sehingga aspek rasionya menjadi 19,5:9. Untuk memasok performa, prosesor Hisilicon Kirin 710 SoC merupakan prosesor octa core berbasis empat core ARM Cortex A73 berkecepatan 2,2GHz dan empat core ARM Cortex A53 kecepatan 1,7GHz.

Baca juga:

Demi menopang performa prosesor yang kencang, Huawei menempatkan RAM sebesar 4GB pada Nova 3i. Yang sangat menarik, mereka menawarkan media penyimpanan internal ukuran raksasa, yakni sebesar 128GB. Meski sudah sangat besar, Huawei juga tidak pelit dengan tetap menyediakan slot MicroSD yang masih sanggup menampung tambahan penyimpanan hingga sebesar 256GB yang sayangnya hybrid.

Selain prosesor kencang, RAM besar, dan storage yang raksasa, masih ada andalan lain dari Huawei yakni fitur GPU Turbo. Dengan fitur ini, sistem dapat mendongkrak performa chip grafis lebih lanjut, tanpa membuat baterai menjadi lebih boros.


Terakhir, empat kamera (dua di depan dan dua di belakang) yang disediakan memiliki resolusi 16MP + 2MP (belakang) dan 24MP + 2MP (depan). Artinya, Huawei juga turut memanjakan mereka yang gemar berfoto-foto selfie. Jangan khawatir kehabisan energi. Baterai 3.340mAh disediakan untuk menjalankan smartphone dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo tersebut.

Tidak ada komentar