Langsung ke konten utama

Toko Komputer, Sebuah Mimpi untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Terlahir di sebuah kota kecil, dengan arus teknologi yang cukup deras, meskipun tidak sederas bagaikan di kota-kota besar menjadi sebuah inspirasi bagi saya untuk membuat sebuah toko komputer. Toko komputer yang saya impikan ini nantinya diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat di daerah saya.

Dengan hadirnya toko komputer di salah satu sudut di kota kecil saya, masyarakat yang membutuhkan perangkat untuk mengakses dunia informasi dan teknologi tidak perlu repot-repot atau jauh-jauh mencari alat yang dibutuhkan.


Tak hanya menjual perangkat, namun hadirnya tempat tersebut juga sekaligus dapat menyalurkan hobi saya yakni menggeluti dunia informasi dan berbagi informasi kepada orang lain yang membutuhkan.

Meningkatkan Taraf Hidup
Selain hobi, dunia teknologi khususnya komputer juga sangat membantu saya selama ini. Ketika saya kuliah, saya bekerja di sebuah toko komputer yang sudah lebih dulu hadir di kota saya. Dan Alhamdulillah, aktivitas saya tersebut juga dapat membantu saya dalam membiayai kuliah tanpa terlalu membebani orang tua dan sanak famili.

Kenyataan itu juga memicu saya untuk melebarkan usaha dan membuka toko komputer sendiri. Sebuah toko komputer yang eksklusif dan bisa mendekatkan teknologi ke masyarakat yang tinggal di daerah saya. Harapannya tentu agar semakin banyak masyarakat yang dapat meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih baik, akibat melek teknologi. Khususnya komputer.

Sebagai langkah awal, konsep dari toko komputer yang saya impikan adalah sebuah toko sederhana dan menjual barang barang yang berkualitas dengan harga terjangkau. Selain komputer, toko yang saya impikan juga akan menjual smartphone, tablet dan perangkat masa kini lainnya. Karena tidak bisa dipungkiri, kebutuhan perangkat teknologi khususnya komputer dan smartphone saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer.


Tidak hanya bagi pengguna dari kalangan atas, kalangan menengah ke bawah juga sudah mulai menggunakan teknologi dalam aktivitas kehidupan mereka sehari-hari.

Desain Toko Impian

Tak Sekadar Berjualan
Selain menjual produk, toko yang saya impikan juga nantinya akan menerima jasa service komputer,
notebook, dan smartphone. Layanan ini akan digelar di toko tersebut karena mengingat saat ini akses pengguna ke pusat layanan perbaikan, khususnya di kota saya masih sangat terbatas.


Padahal di sisi lain, banyak pengguna yang baru saja berkenalan dengan teknologi, namun masih butuh banyak bantuan dan pembelajaran terkait masalah-masalah yang ia hadapi dengan perangkat teknologi yang mereka gunakan.

Dan dari segi pelayanan, impian saya adalah toko yang akan saya buka ini juga akan menerima layanan service panggilan bagi konsumen, khususnya yang tinggal di sekitar daerah toko yang saya impikan tersebut. Alasannya adalah karena toko yang saya impikan memang dirancang untuk menghadirkan banyak manfaat bagi masyarakat di daerah saya.

Perangkat Esensial yang Dibutuhkan
Untuk mempermudah dan demi kelancaran operasional, toko yang saya impikan tentu membutuhkan sebuah teknologi operasional pendukung yang handal. Baik sebagai mesin transaksi, mesin kasir, ataupun mesin untuk mencari informasi terkait dunia teknologi dan multimedia. Dan untuk mewujudkan itu semua saya memilih PC desktop VivoPC M32CD yang sudah diperkuat prosessor Intel Core i7 generasi ke-6.


Adapun spesifikasi lengkap dari VivoPC M32CD yang akan saya gunakan adalah sebagai berikut:



Melihat spesifikasi di atas, tentu PC desktop ASUS VivoPC M32CD sangat mumpuni untuk dijadikan sebagi perangkat pendukung toko yang saya impikan.

Komputer ini nantinya juga akan sangat mumpuni untuk dijadikan sebagai perangkat pembelajaran dan berbagi informasi bagi masyarakat. Disediakannya grafis Nvidia GeForce GTX950M dn memori DDR4 8GB menjamin PC desktop ini sanggup memutar konten multimedia interaktif apapun yang dihadapi.

Luasnya kapasitas penyimpanan juga sangat berguna selain untuk menyimpan data-data penjualan dan pelanggan, masyarakat yang membutuhkan konten-konten multimedia misalnya video tutorial ataupun aplikasi-aplikasi interaktif dapat menyimpannya di sana. Apalagi ada ekstra penyimpanan sebesar 100GB yang disediakan oleh ASUS lewat layanan WebStorage yang bisa dipakai secara cuma-cuma untuk 1 tahun ke depan.

Sebagaimana yang sudah sama-sama kita ketahui, ASUS sudah dikenal dengan produsen yang menghasilkan perangkat yang kuat, canggih dan punya daya tahan yang tinggi. Tak hanya sampai di situ, produk ASUS juga umumnya dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan produk kompetitor yang sekelas.

Semua faktor-faktor di atas sangat penting bagi saya karena selain akan dapat mengefisiensikan modal awal, saya juga akan mendapatkan sebuah teknologi operasional pendukung yang sangat bisa saya andalkan. Apalagi dengan dukungan layanan purna jual selama 2 tahun yang ASUS berikan untuk produk ini.


Demikian cerita saya tentang toko komputer impian yang bisa membawa manfaat bagi masyarakat di daerah saya yang sudah didukung oleh teknologi operasional yang mumpuni serta tepat guna demi kelancaran operasional toko yang saya impikan tersebut.

Inilah impianku. Mudah-mudahan bisa terwujud dan pada akhirnya dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Amiiin.

Baca Juga:

Cara Cek Chipset Smartphone Android Secara Akurat

Smartphone merupakan perangkat yang memiliki banyak komponen penting, seperti prosessor, memori internal dan eksternal, graphic processing unig (GPU) dan lainnya. Salah satu bagian terpentingnya adalah prosessor. Komponen prosessor sendiri terdiri dari chipset yang memiliki beberapa buah core dengan clock speed yang mungkin berbeda-beda, dan juga GPU. Cara cek chipset smartphone Android dapat dilakukan dengan beberapa metode. Kegiatan mengecek chipset sendiri perlu dilakukan dalam rangka mengetahui spesifikasi perangkat keras yang terdapat di dalam smartphone. Apakah sesuai dengan standar atau resmi. Selain itu, dengan melakukan pengecekan, kita dapat mencegah penipuan yang mungkin terjadi. Berikut ini cara cek chipset smartphone Android yang mungkin bisa Anda lakukan pula pada smartphone Android Anda: Cara Cek Melalui Menu Pengaturan Ini merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan. Langkah-langkahnya adalah: Buka menu pengaturan di smartphone Android Anda Pilih S

Perbandingan Unisoc Tiger T618 dengan MediaTek dan Qualcomm Sekelas

Chipset Unisoc sedang naik daun. Advan, salah satu produsen smartphone dan perangkat komputas mobile dalam negeri baru saja menghadirkan smartphone baru yang diperkuat prosesor tersebut. Adalah Advan GX, smartphone andalan teranyar Advan yang baru dirilis di harga kisaran Rp1,8 jutaan. Uniknya, alih-alih mengusung chipset besutan Qualcomm ataupun Mediatek, Advan menunjuk prosesor besutan Unisoc untuk memperkuat smartphone yang bersangkutan. Asal tahu saja, Unisoc ini sebelumnya dikenal dengan nama Spreadtrum Communications. Adapun prosesor yang dipilih untuk Advan GX adalah Unisoc Tiger T618. Prosesor ini sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak Agustus 2019. Apa yang menarik pada prosesor ini? Lalu, apa bedanya dengan prosesor MediaTek dan Qualcomm Snapdragon sekelas atau setara? PerbandinganUnisoc Tiger T618 vs MediaTek dan Qualcomm Dari sisi teknologi, Unisoc Tiger T618 adalah prosesor octa-core yang terdiri dari dua core bertenaga berbasis ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHZ dan e

Cara Mengatasi Adapter Wi-Fi yang Tidak Terdeteksi

Saat ini, penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Penggunaan laptop sendiri mulai dari dipakai untuk bekerja, belajar sampai ke untuk kebutuhan hiburan.  Nah, untuk dapat terhubung ke dunia maya, perangkat laptop biasanya disambungkan ke Wi-Fi. Namun apa jadinya jika adapter Wi-Fi yang ada di laptop tidak terdeteksi sehingga pengguna tidak bisa terhubung ke internet? Nah, jangan panik dulu. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba saat adapter Wi-Fi laptop Anda tidak mendeteksi access point dan tak bisa tersambung. Sebagai gambaran, ketersediaan adapter ini sangat penting karena digunakan untuk menerima dan menyampaikan data dari sinyal koneksi Wi-Fi. Jika keberadaannya tidak terdeteksi dan error tentunya hal tersebut akan membuat produktifitas pengguna menjadi terganggu karena tidak bisa terhubung ke internet. Ok, begini cara untuk mengatasi adapter Wi-Fi yang error dan tidak terdeteksi. 1. Disable

Cara Cek Harga Hp Bekas untuk Dijual

Anda tertarik pada salah satu smartphone kekinian yang baru saja dirilis oleh produsennya? Atau Anda butuh untuk upgrade smartphone Anda karena yang saat ini dipakai sudah berumur lebih dari 3 tahun dan mulai melambat atau sudah mulai rusak? Atau Anda ingin membeli hape baru tersebut karena supaya ingin memiliki teknologi mutakhir? Apapun alasannya, sah-sah saja bagi Anda untuk membeli smartphone baru tersebut. Yang jadi masalah, apa yang Anda lakukan dengan smartphone lama Anda, apalagi kalau Anda sudah punya 1-2 hape lain sebagai secondary atau back-up phone? Paling rasional, jawabannya ya jual saja. Di sini masalahnya. Kalau Anda jual, di mana Anda harus menjual dan berapa kira-kira ancer-ancer harga pasaran hape Anda tersebut saat ini. Nah, buat Anda yang ingin menjual, berikut ini cara cek harga hp bekas untuk dijual dan aplikasi untuk cek harga hp bekas yang bersangkutan. Apa saja? Tukar HP Aplikasi ini tampaknya menggantikan aplikasi Tutamera yang dulu juga dibu

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 30i

Infinix Hot 30i adalah salah satu smartphone terbaru yang diluncurkan oleh Infinix pada bulan Maret 2023. Smartphone ini menawarkan spesifikasi yang menarik di kelas entry-level, seperti layar IPS LCD 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz, chipset MediaTek Helio G37 yang dioptimalkan untuk gaming. Tak hanya itu, smartphone yang satu ini juga menggunakan RAM 8GB yang bisa diperluas (extended) hingga 16GB. Adapun baterai 5000mAh yang digunakan bisa melakukan pengisian ulang dengan fast charging 18W. Buat Anda yang tertarik untuk meminang hape yang satu ini, berikut adalah poin-poin penting tentang spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Infinix Hot 30i. Spesifikasi Infinix Hot 30i Layar: IPS LCD 6,56 inci, resolusi 720 x 1612 piksel, rasio aspek 20:9, refresh rate 90Hz, kecerahan 500 nits Chipset: MediaTek Helio G37 (12 nm), CPU octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A75 & 6x1.6 GHz Cortex-A55), GPU Mali-G57 MP1 Memori: RAM 8GB (dapat diperluas hingga 16GB), ROM 128GB (dapat diperluas hingga 1TB de

Download Windows 10 ISO versi Lite Alias Ringan

Anda kesal karena laptop atau PC desktop Anda lemot padahal punya spek yang tidak jelek? Jangan dulu membuang laptop atau upgrade komponen PC desktop tersebut. Siapa tau yang membuatnya berat adalah sistem operasi Windows 10-nya yang kegemukan. Selain format dan install ulang, ada cara lain yang lebih efektif dalam membuat komputer kita bekerja seperti layaknya baru beli. Caranya adalah download Windows 10 ISO versi ringan. Lho, apa bedanya? Kalau kita memilih untuk download Windows 10 ISO versi ringan dan instalasikan di PC kita, maka fitur-fitur, fungsi atau aplikasi yang jarang digunakan, sudah ditiadakan. Selain lebih hemat ruang di harddisk, dibuangnya fitur-fitur yang tidak berguna tersebut akan membuat PC atau laptop spek rendah pun bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar. Download Windows 10 Terbaru October 2020 Update Lalu, apa saja yang ada di Windows 10 versi Lite alias versi Ringan tersebut? Nah ini dia: Windows 10 SuperLite Compact (Gaming Edition) x64 –

Trik Cara Atasi MacBook Tak Bisa Mendeteksi Harddisk

Anda pengguna MacBook, khususnya MacBook Air ataupun MacBook Pro? Apakah Anda kadang mengalami kesulitan untuk menghubungkan hard drive eksternal ke laptop Anda karena hard drive tersebut tidak terdeteksi? Berikut ini beberapa penyebab mengapa hard disk eksternal tidak terdeteksi oleh MacBook Air atau MacBook Pro. Pada bagian berikutnya dari artikel ini juga kita akan membahas trik cara mengatasi agar MacBook tersebut bisa kembali mendeteksi harddisk eksternal Anda. Penyebab pertama, koneksi buruk. Jika ada yang salah dengan port USB Mac atau perangkat keras USB HDD eksternal, komputer akan gagal mengenali ada drive eksternal yang terhubung. Penyebab kedua, kesalahan konfigurasi Mac. Secara default, macOS akan menampilkan hard drive eksternal yang terdeteksi di desktop, di Finder dan Disk Utility. Namun, jika hard drive dikonfigurasi tidak benar, Anda tidak akan dapat melihatnya. Penyebab ketiga, ketidakcocokan sistem file. Sistem File pada komputer memutuskan baga

Spesifikasi Xiaomi Mi A3, Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu produsen smartphone terkemuka dunia, yakni Xiaomi, baru saja meluncurkan smartphone andalan terbarunya dalam sebuah ajang peluncuran di Spanyol. Produk yang bersangkutan adalah dari segmen menengah yakni Mi A3. Rencananya, produk ini akan diluncurkan di kawasan Asia dimulai dari Malaysia pada 31 Juli yang tinggal dalam hitungan beberapa hari ini. Sejumlah media di Malaysia dilaporkan telah menerima undangan peluncuran tersebut di Kuala Lumpur. Dan bisa dipastikan, perangkat ini merupakan perangkat yang sama dengan Mi CC9e yang sebelumnya sudah diluncurkan di negeri asalnya yakni di China. Sama seperti Xiaomi Mi A1 dan Mi A2 yang dirilis sebelumnya, Xiaomi Mi A3 juga merupakan smartphone Android dengan versi sistem operasi Android One. Adapun versi sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0 Pie terbaru. Sebelum berbicara seputar kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi A3, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang Android One dan apa bedanya dengan Stock Android

Review Perbandingan Qualcomm Snapdragon 450 vs Snapdragon 625

Baru-baru ini, popularitas prosesor Qualcomm Snapdragon 450 di Indonesia mendadak melejit. Padahal, asal tahu saja, prosesor ini bukan prosesor baru-baru amat. Ia sudah hadir sejak kuartal ketiga hingga kuartal keempat tahun 2017 lalu. Namun demikian, semua gara-gara Xiaomi. Saat merilis produk andalan terbarunya, yang lagi-lagi murah tapi bagus, yakni Redmi 5, produsen asal Tiongkok tersebut menanamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 di dalamnya. Yang bikin menarik, ternyata prosesor Qualcomm Snapdragon 450 tersebut merupakan prosesor yang sama dengan Qualcomm Snapdragon 625 yang sangat terkenal performanya bagus namun efisiensi energinya hebat. Bedanya, kecepatan CPU-nya diturunkan 200MHz menjadi hanya 1,8GHz. Sisanya, sama persis. Lalu, sejauh mana perbedaan performa dari kedua prosesor tersebut? Kebetulan kali ini kami punya dua perangkat yang menggunakan kedua prosesor tersebut. Keduanya juga punya RAM yang sama besar yakni 4GB dan OS yang sama, yakni Android 7 Nouga

Perbedaan Performa Smartphone RAM 4GB, 6GB dan 8GB

Kapasitas RAM smartphone dengan sistem operasi Android saat ini sudah sedemikian besar. Beberapa bahkan sudah lebih besar dari kapasitas RAM notebook mainstream. Sebelumnya, smartphone Android mainstream hanya punya RAM 2GB sampai 3GB. Kini, smartphone mainstream dengan OS Android rata-rata sudah mulai berkapasitas 4GB. Lalu, bagaimana dengan smartphone premium ataupun flagship? Untuk perangkat-perangkat tersebut, RAM 4GB sudah jarang digunakan. RAM 6GB dan 8GB kini sudah menjadi semakin lumrah. Dalam setahun dua tahun ke depan, mungkin RAM 10GB untuk sebuah smartphone Android menjadi biasa-biasa saja. Yang jadi pertanyaan, apakah saat ini performa RAM yang sedemikian besar berarti juga peningkatan performa secara keseluruhan akan didapat? Khususnya pada smartphone flagship atau premium yang sudah menggunakan CPU mutakhir terbaik? Sebelum ini, kita sudah membuktikan bahwa peningkatan kapasitas RAM pada smartphone dengan prosesor mainstream tidak terlalu signifikan bedanya