Cara Membuat USB Bootable Flasdisk Dengan Mudah

 Buat anda yang memiliki Laptop atau PC yang ada CD / DVD Rom, mungkin untuk menginstal Windows sangat mudah, tinggal masukin kaset windows nya, baik windows Xp, 7, 8 atau 10, tapi bagaimana buat netbook atau PC yang tidak ada CD/DVD Rom nyah, mungkin ada sebagian orang yang belum tau atau lupa lagi. 
 berikut saya akan berbagi sedikit pengalaman saya menginstal netbook memakai Usb Flashdisk.

hal pertama yang harus dilakukan adalah siapin dulu flashdisk minimal ukuran 4GB, setelah itu colokin ke laptop atau PC yang sudah ada ISO Image Windows. kemudian jalankan software, disni saya menggunakan rufus, meskipun ada software lain seperti WintoFlash,Yumi, ataupun windows 7/DVD Usb Tool dan lain lain.  setelah Flashdisk dimasukuin akan terdeteksi sendiri kemudian jalankan rufus. pada bagian opsi Create a bootable disk using, gunakan pilihan ISO image. Setelah itu klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan dimasukan ke dalam flash disk. Secara otomatis Rufus akan menggunakan data ISO tersebut untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Biarkan opsi Quick format tetap aktif, agar proses format partisi menjadi lebih cepat. Selanjutnya, klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Rufus akan menampilkan peringatan, bahwa seluruh data yang ada pada flash disk akan dihapus. Klik tombol OK untuk memulai proses pembuatan bootable USB. Setelah itu, pertama sekali Rufus akan melakukan format terhadap USB flashdisk  yang ditentukan. Setelah selesai, baru melakukan penyalinan file-file yang ada dalam file ISO. Setelah proses pembuatan bootable USB selesai, klik tombol Close untuk menutup Rufus.
dan jangan sampai lupa, untuk proses instalasi , seeting di Bios agar Booting yang pertama dibaca adalah Usb Flashdisk. terima kasih, selamat mencoba. 

Tidak ada komentar