Kenapa Komputer Masih Terkena Virus?

Komputer saya sudah diamankan dengan antivirus. Ada McAfee dan ada juga SMADAV. Tapi saya curiga masih ada virus berkeliaran di komputer saya. Buktinya, browser masih suka membuka situs-situs yang tidak saya klik. Kenapa ini?


Jawab:
Menginstalasi antivirus di komputer merupakan pencegahan awal. Tapi bukan jaminan bahwa komputer Anda akan aman-aman saja. Apalagi kalau Anda jarang meng-update ataupun jarang melakukan scanning tuntas terhadap komputer Anda itu.

Kalau dua itu sudah rutin dilakukan, coba gunakan sotware anti-malware. Contonya Malwarebytes Anti-Malware. Coba saja dulu versi gratisnya. Terkadang, software antivirus gagal mendeteksi hadirnya malware di komputer. Bisa jadi malware yang masuk dari aplikasi yang Anda download dari internet, atau aplikasi yang Anda kopi dari teman Anda misalnya.

Ketiga, tentunya cara Anda menggunakan komputer. Situs mana yang sering Anda kunjungi, aplikasi apa yang sering Anda download, atau flashdisk mana yang sering Anda pasang di komputer Anda dan komputer orang lain. Semua ini bisa mempengaruhi keamanan komputer tersebut.

Tidak ada komentar