Apakah Perlu Mencabut Kabel Adaptor Notebook?

Saya punya notebook HP Pavilion 14 dengan Core i7 dengan GeForce 840M. Yang ingin saya tanyakan, kalau saat saya memakai notebook tersebut, apakah kabel charger yang dicolok ke stop kontak boleh dicabut? Soalnya baterainya sudah penuh. Saya takut baterainya cepat rusak.

hpshopping.id
Jawab:
Sebenarnya, membiarkan charger tetap tersambung ke colokan listrik saat notebook sedang digunakan tidak ada masalah. Alasannya, pada notebook-notebook masa kini, charger yang digunakan sudah memiliki fitur auto-cut. Sehingga, begitu baterai notebook penuh, listrik tidak lagi dipasok ke sana dan langsung dialihkan untuk menyediakan daya bagi sistem. Jadi, baterai tidak akan cepat rusak atau overheat.

Dari sisi spesifikasi, kelihatannya notebook Anda cukup kuat dan mungkin digunakan juga untuk bermain game. Nah, justru kalau Anda akan bermain game dan adaptor tidak dihubungkan ke konektor listrik, makan kinerja notebook akan menurun drastis. Jadi, sebaiknya biarkan saja adaptor terus terhubung ke listri saat komputer sedang dipakai. Kalau sudah selesai dan shut-down, silakan dicabut.

Tidak ada komentar